3 Mahasiswa Wakili Indonesia di CERN

 
 

Sejumlah mahasiswa Indonesia yang diterima sebagai peserta CERN Summer Student Programme (CSSP) 2013 di Jenewa, Swiss pada bulan Juli-Agustus 2013. Keputusan penerimaan ditentukan oleh Panitia CSSP di CERN dengan dibantu oleh Contact Person CERN di Indonesia (Haryo Sumowidagdo dan L.T. Handoko). Partisipasi mahasiswa Indonesia di CSSP 2013 merupakan momen bersejarah karena menandai awal keterlibatan Indonesia secara langsung pada kolaborasi ilmiah global terbesar di dunia yaitu CERN.

CERN (Organisation Europ ene pour la Recherche Nucleaire atau European Organization for Nuclear Research - http://www.cern.ch) merupakan lembaga penelitian internasional dengan fokus penelitian fisika partikel. Dalam 2 tahun terakhir, CERN dikenal luas terkait pemberitaan pencarian dan penemuan partikel Higgs di salah satu akselerator partikelnya yang bernama LHC.

CSSP 2013 akan diikuti oleh lebih kurang 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi oleh CERN. Untuk kali pertama Indonesia akan diwakili oleh 3 mahasiswa :

  1. Nathaniel Chandra Harjanto, Teknik Fisika ITB (angkatan 2010)
  2. Muhammad Firmansyah Kasim, Teknik Elektro ITB (angkatan 2009)
  3. Imre Nagi, Teknik Elektro ITB (angkatan 2010)

Khusus untuk mahasiswa Indonesia, seleksi dilakukan dengan beberapa kriteria tambahan :

  • Potensi siswa untuk meneruskan studi dan menekuni bidang fisika partikel eksperimental atau sains terapan / teknologi / rekayasa yang terkait dengan misi CERN (akselerator, instrumentasi, fisika medis, komputasi kinerja tinggi atau grid, dll).
  • Penilaian kemampuan dasar (fisika dasar, kalkulus, matematika lanjutan, elektronika, pemrograman komputer) dan kemampuan spesifik bidang studi masing-masing, baik berdasarkan transkrip selama studi, serta pengalaman lain yang terkait. Pengetahuan mengenai fisika partikel TIDAK diperlukan.
  • Potensi siswa untuk bekerjasama dalam tim internasional seperti ditemui dalam kolaborasi eksperimen di CERN, dengan melihat kemampuan berbahasa Inggris dan kegiatan organisasi.

Sumber : netsains, 14 Mei 2013

Sivitas Terkait : Laksana Tri Handoko
Diakses : 1917