Angkat Potensi Daerah, LIPI Diseminasikan Iptek di Sulawesi Utara

 
 
Minahasa Tenggara, Humas LIPI. Bagi sebagian besar masyarakat, penelitian dan hasilnya dianggap teknologi tinggi yang tak terjangkau bagi masyarakat awam. Namun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya untuk mengubah persepsi tersebut.
 
Sejak beberapa tahun terakhir ini, LIPI gencar melakukan diseminasi iptek untuk menjembatani hasil-hasil penelitiannya agar lebih membumi ke masyarakat luas. Berbagai pemaparan hasil penelitian, pelatihan iptek, dan beberapa kegiatan lainnya digelar dalam kegiatan diseminasi iptek itu. Tujuannya tentu untuk memperkenalkan hasil-hasil penelitian LIPI sekaligus mengangkat potensi daerah-daerah yang ada di tanah air.
 
Tilik saja, salah satu diseminasi iptek yang baru saja digelar di Kecamatan Tombatu Timur, Kota Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sultra). LIPI bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI, dan Pemerintah Kota Minahasa Tenggara menggelar Diseminasi Iptek LIPI dengan tema “Pemanfaatan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah”.
 
Dalam kegiatan tersebut, LIPI berbagi pengetahuan tentang pengenalan konservasi, pengenalan padi hasil penelitian, teknologi budidaya tanaman alpukat, serta pelatihan dan simulasi pembuatan pupuk organik hayati (POH). Tak hanya itu, LIPI juga membagikan 1.150 pohon bibit alpukat dan memberikan alat pembuatan POH kepada masyarakat Tombatu Timur.
 
Hiskia Sirait, Kepala Inspektorat LIPI yang mewakili Plt Kepala LIPI, menyampaikan bahwa penyelenggaraan diseminasi iptek ini bertujuan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan juga pemanfaatan hasil penelitian. “Ini merupakan bentuk tanggung jawab LIPI kepada masyarakat terkait pemanfaatan hasil penelitian LIPI untuk mengangkat potensi daerah. Kegiatan diseminasi iptek juga telah banyak dilakukan oleh LIPI di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkapnya di sela-sela kegiatan diseminasi iptek, Jumat (2/3/2018).
 
Camat Tombatu Timur, Jan Wawointana yang mewakili Wali Kota Minahasa Tenggara, memberikan apreasiasi kepada LIPI atas penyelenggaraan diseminasi iptek dan sumbangan bibit pohon hasil penelitian serta alat pembuatan POH kepada masyarakat yang dipimpinnya. “Kehadiran LIPI diharapkan membawa manfaat yang besar bagi peningkatan potensi masyarakat sehingga menaikan kesejahteraan kami,” tuturnya.
 
Seperti Jan, Kepala Dinas Pertanian Kota Minahasa Tenggara, Elly Sangian, menuturkan “Kedatangan LIPI sangat tepat sekali untuk berbagi ilmu, khususnya bagaimana masyarakat dapat belajar cara membudidayakan tanaman pertanian.” Kemudian, lanjutnya, mengetahui pula pentingnya penggunaan pupuk organik untuk meningkatkan hasil produksi tanaman guna mengurangi penggunaan pupuk kimia yang memberikan dampak yang kurang baik bagi lingkungan.
 
Untuk diketahui, kegiatan diseminasi kali ini juga dihadiri anggota Komisi VII DPR-RI, Bara Krisna Hasibuan. “Dari diseminasi ini, kami berharap LIPI mampu mengemas lebih banyak program penelitian untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (mlk/ed: pwd,dig)



 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Hiskia