Beragam Hasil Riset LIPI Tampil di Pameran HUT Ke-46 Korpri

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Beragam hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tampil dalam ajang pameran bertajuk “Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Expo 2017”. Pameran ini berlangsung di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta selama empat hari pada 26 – 29 November 2017.
 
Pembukaan Korpri Expo dilakukan oleh Zudan Arif Fakrulloh, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional dan juga merupakan Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri. Dalam sambutannya, Zudan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyukseskan Korpri Expo ini dengan semangat dan tema “Kerja Bersama dan Setia Sepanjang Masa”. Dia melanjutkan bahwa pameran ini merupakan ajang komunikasi dan informasi kinerja Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah dengan menampilkan produk-produk unggulan.
 
Pada Korpri Expo kali ini, hasil-hasil riset LIPI yang tampil adalah berupa produk dan poster terkait pupuk, berbagai olahan makanan dan minuman hasil riset, dan juga hasil riset bidang kesehatan. Produk dan poster tersebut antara lain: Modifield Cassava Flour (Mocaf), BioRev (Mikroorganisme) untuk penyubur lahan marginal yang disimpan di dalam mineral career, Pupuk Organik Hayati (POH), berbagai jenis makanan tradisional dalam kemasan kaleng, dan lainnya.
 
Tidak hanya itu saja, booth LIPI juga diisi dengan informasi E-Layanan LIPI, seperti International Standard Serial Number (ISSN), Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Indonesia Science and Technology Index (InaSTI), serta E-Layanan Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas (BKHH). Selain produk dan poster, hasil riset LIPI juga ditampilkan dalam bentuk tayangan audiovisual, buku-buku dan jurnal.
 
“Melalui pameran ini, LIPI menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam mempromosikan hasil riset kepada masyarakat,” kata Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (BOSDM) LIPI, Heru Santoso di sela-sela kunjungan ke booth LIPI pada Senin (27/11). Antusiasme pengunjung terhadap hasil riset LIPI pun cukup besar. Akhear, salah satu pengunjung booth LIPI, menyatakan bahwa materi yang ditampilkan cukup informatif, mudah dimengerti dan diharapkan bahwa hasil riset yang ditampilkan dapat dibeli saat pameran agar dapat langsung dipakai seperti pupuk dan makanan kaleng.
 
Sebagai informasi, kegiatan Korpri Expo ini diikuti sekitar 40 peserta pameran dari berbagai instansi pemerintah, swasta, pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Adapun acara HUT Ke-46 Korpri sendiri dimeriahkan dengan beragam acara, seperti Fun Bike Korpri, Bakti Sosial, Bazar Bezar dengan menjual sembako murah, Pembuatan E-KTP, couple run, dan lomba-lomba menarik lainnya. (ksk/ed: pwd,dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Heru Santoso M. App. Sc.