Buku Karya Peneliti LIPI Raih Anugerah Pustaka Terbaik 2019

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Buku berjudul  “Evaluasi Pemilu Presiden Langsung di Indonesia” karya peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Luky Sandra Amalia; Syamsuddin Haris; Lili Romli; Sri Nuryanti; Wawan Ichwanudin; dan Aisah Putri Budiarti meraih penghargaan juara pertama dalam Anugerah Pustaka Terbaik 2019 dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Kamis (5/9) di Jakarta.

“Buku ini mengkaji pemilihan presiden secara langsung di Indonesia baik dari segi peraturan perundang-undangan maupun dari sisi proses,” ujar Luky. Dirinya menjelaskan, dalam buku ini dapat ditemukan jawaban atas pertanyaan seperti desain Pemilu kepresidenan untuk memperkuat lembaga kepresidenan dalam sistem presidensial, mekanisme seleksi pencalonan, serta format koalisi yang dapat menjamin sistem presidensial yang stabil dan efektif. “Para peneliti juga membahas urgensi sekaligus merumuskan format Pemilu presiden dalam konteks sistem demokrasi presidensial,” paparnya. 

Penghargaan juga diraih oleh Kurniawati Hastuti Dewi, Indria Samego, Sri Nuryanti, Afadlal, Dini Suryani, dan Pandu Yuhsina Adaba dari Pusat Penelitian Politik LIPI untuk buku berjudul “Pemilukada Asimetris dalam Perspektif NKRI” yang meraih juara harapan satu dalam ajang yang sama. 

Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Firman Noor mengungkapkan, penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan yang sangat prestisius atas kerja-kerja intelektual mereka, terutama dalam kajian Pemilu. “Ini membuktikan bahwa mereka sebagai peneliti LIPI mampu menghasilkan buku yg dapat diterima publik karena kualitasnya,” ujar Firman. (fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Luky Sandra Amalia S.IP., M.D.S.