DPR RI Harapkan Hasil Riset Aplikasi dari Kebun Raya LIPI

 
 
Purwodadi, Humas LIPI. Komisi VII DPR RI kembali melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) (6/7). Kali ini berupa kunjungan kerja spesifik ke Kebun Raya Purwodadi (KRP) LIPI. Menyambut kedatangan para anggota DPR RI tersebut, Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, menjelaskan fungsi utama KRP yang memiliki koleksi lebih dari 11 ribu spesimen tumbuhan ini. KRP bertugas untuk melaksanakan konservasi ex-situ tumbuhan dataran rendah kering. Secara spesifik, fungsinya terkait eksplorasi tumbuhan, pengelolaan koleksi tumbuhan, penelitian dan pengembangan konservasi tumbuhan,  layanan jasa dan informasi, serta urusan tata usaha. “Selain fungsi-fungsi tersebut, LIPI berencana untuk menambahkan fungsi alih teknologi dalam konteks kelokalan dengan melibatkan Pusat Inovasi LIPI”, ujarnya.

Sejalan dengan fokus KRP, Ridwan Hisyam, Anggota Komisi VII DPR RI, menyampaikan tujuan kunjungan spesifik mereka untuk mendapatkan informasi tentang tumbuhan dataran rendah lahan kering. “Secara khusus adalah informasi riset dasar dan riset aplikasi terkait Dioscorea dan Musaceae”, katanya. Yang tak kalah penting, Ridwan menambahkan, adalah bagaimana tindak lanjut hasil riset aplikasi ke dalam pengembangan produk hasil kedua jenis tumbuhan tersebut dan kemungkinan pengembangan dalam skala komersial melalui kerjasama dengan swasta. 

Dalam kunjungan kerja spesifik kali ini, para anggota Komisi VII DPR RI langsung melihat produk hasil riset LIPI dan juga mengelilingi KRP dengan didampingi oleh Kepala LIPI. Selain Kepala KRP-LIPI, kunjungan kerja ini juga dihadiri oleh Kepala KRB – LIPI, dan anggota Komisi VII DPR RI lainnya. (dig)


Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.