Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Resmi Menjabat Sesmenristek/ Settama BRIN

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Kamis (18/2) lalu, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) telah melantik Deputi Bidang Ilmu Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mego Pinandito, sebagai Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/ Sekretaris Utama BRIN. Menyusul pelantikan tersebut, LIPI menyelenggarakan Serah Terima Jabatan Deputi Jasa Ilmiah untuk secara resmi membebas-tugaskan Mego Pinandito dari jabatannya sebagai Deputi di LIPI.

“Dengan ini, secara resmi kita melepas Pak Mego, dan Pak Mego dapat fokus menjalankan amanah di Kemenristek/BRIN,” ujar Handoko. Pernyatan tersebut disampaikannya dalam acara Serah Terima Jabatan Deputi Jasa Ilmiah, Senin (22/2) yang diselenggarakan secara virtual.

“Kita melepas Pak Mego. Meskipun kami berharap keberadaan Pak Mego di Kemenristek justru dapat mempererat kerja sama LIPI dengan Kemenristek. Kita tetap berkomitmen untuk terus bekerja bersama,” sambung Handoko menyampaikan harapannya. Mego sendiri telah menjabat sebagai Deputi Jasa Ilmiah LIPI sejak 20 November 2017.

Dirinya menekankan, kerja sama erat yang dapat terjalin dalam menjalankan marwah riset dan inovasi di Indonesia akan dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi masyarakat. “Sehingga keberadaan dan eksistensi kita semakin bermanfaat untuk masyarakat di sekitar kita,” tutur Handoko.

Handoko kemudian menyerahkan jabatan Pelaksana Tugas Deputi Jasa Ilmiah LIPI kepada Dudi Hidayat, yang merangkap sebagai Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Manajemen IPTEK  dan Inovasi LIPI.

“Selama ini, riset yang sifatnya lebih hilir dan multidisiplin dipusatkan ke Kedeputian Jasa Ilmiah. Dengan ini saya meminta Pak Dudi untuk mengampu Kedeputian Jasa Ilmiah, Salah satu tugas utama Pak Dudi adalah mencari SDM baru yang potensial,” sebut Handoko. Handoko menjelaskan hal tersebut merupakan salah satu solusi reorganisasi dalam komitmen LIPI menjalankan Reformasi Birokrasi.

Dalam kesempatan yang sama, Mego Pinandito mengungkapkan terimakasih atas segala dukungan dan kesempatan selama menjadi keluarga besar LIPI. “Terimakasih atas kesempatannya. Saya berkesempatan menjelajah daerah paling maju hingga terbelakang di Indonesia, menjadi jembatan hasil-hasil riset LIPI dengan industri dan masyarakat, dan masih banyak lagi,” terang Mego. “Tentu itu semua tidak akan terjadi tanpa dukungan tim sivitas dari satuan-satuan kerja di bawah Kedeputian Jasa Ilmiah dan Settama (Sekretaris Utama LIPI),” imbuhnya.

Mego pun menyatakan bahwa dirinya berharap dapat mengimplementasikan pembelajaran yang ia peroleh dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi LIPI di lingkungan Kemenristek/BRIN. “Proses Reformasi Birokrasi di LIPI, saya banyak belajar, semoga ini bisa kita implementasikan di Kemenristek/BRIN dengan lebih baik”.

Dirinya menambahkan, “Dari semua pengalaman, mudah-mudahan bisa membantu menyelesaikan berbagai tantangan dan tugas di Kemenristek. Saya tetap mengharapkan dukungan dan kerja samanya”.

Tugas Mego Pinandito sebagai Deputi Jasa Ilmiah LIPI telah resmi usai. Melalui ucapan para pimpinan LIPI dalam acara tersebut, segenap keluarga besar LIPI mengucapkan terimakasih atas bakti, kiprah dan kinerjanya selama bergabung di LIPI dalam mengembangkan riset dan inovasi, serta memasyarakatkan ilmu pengetahuan. “Selamat menjalankan amanah baru sebagai Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/ Sekretaris Utama BRIN,” tutur Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas. (iz/ed: drs)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Mego Pinandito M.Eng.
Diakses : 148