Gelar Diseminasi Iptek di Ogan Ilir, LIPI Bagikan 2.800 Pohon Hasil Penelitian

 
 
Ogan Ilir, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI, dan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan menggelar kegiatan Diseminasi Iptek LIPI dengan tema “Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah”. Dalam kegiatan ini, LIPI berbagi pengetahuan tentang teknologi budidaya tanaman dan membagikan 2.800 pohon bibit Jati Platinum, Mangga, Durian, dan Duku kepada masyarakat di Ogan Ilir pada Senin (4/12).
 
Witjaksono, Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan diseminasi Iptek ini adalah untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan juga pemanfaatan hasil penelitian. “Ini merupakan bentuk pengabdian LIPI kepada masyarakat. Dan, kegiatan diseminasi seperti ini sudah banyak dilakukan di berbagai wilayah Indonesia,” tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu, Witjaksono berbagi pengetahuan tentang peluang budidaya Jati Platinum dari hasil penelitian LIPI. Budidaya Jati Platinum memiliki peluang yang baik karena bisa dipanen di usia sekitar 5 tahun. “Melalui kegiatan diseminasi ini, kami berharap Jati Platinum bisa dibudidayakan di Ogan Ilir,” katanya.

 
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Herman, menyampaikan apresiasi dan sekaligus ucapan terima  kasih kepada LIPI atas ilmu pengetahuan dan bibit pohon hasil penelitian yang dibagikan, khususnya Jati Platinum. “Kabupaten Ogan Ilir merupakan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tahun ini, usianya baru menginjak yang ke-14. Dan, kehadiran LIPI semoga membawa kemajuan di sini,” jelasnya.
 
Dijelaskannya lagi, sebagian besar masyarakat Ogan Ilir bermata pencaharian pertanian, perkebunan serta kerajinan, khususnya pembuatan rumah kayu Knockdown. “Tepat sekali kehadiran LIPI di Ogan Ilir untuk berbagi ilmu, khususnya bagaimana membudidayakan Jati Platinum yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan rumah kayu,” ungkapnya.
 
Selain itu, Herman katakan bahwa kehadiran LIPI dengan membawa teknologi budidaya Mangga, Durian, dan Duku juga diharapkan membantu peningkatan kualitas dan kuantitas produksi buah di Ogan Ilir. Sebab, masyarakat Ogan Ilir juga sudah banyak membudidayakan ketiga buah tersebut sebagai mata pencaharian. “Dengan kenaikan kualitas dan kuantitas produksi buah, maka diharapkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” imbuhnya.



Sebagai informasi, kegiatan diseminasi sendiri juga menghadirkan Anggota Komisi VII DPR RI, Yulian Gunhar. Yulian merupakan putra daerah Ogan Ilir. Dirinya berharap kehadiran LIPI di wilayahnya mampu mengemas lebih banyak program kegiatan untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (ysh/ed: pwd,dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Witjaksono M.Sc.