Indonesia Science Expo 2018, Pameran Sains yang Diharapkan Mendunia

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Perhelatan Indonesia Science Expo (ISE) akan kembali digelar pada tahun ini, tepatnya pada 1 - 4 November 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Pameran sains ini kembali dihelat karena kesuksesan penyelenggaraannya pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Pada 2018 ini, penyelenggaraan ISE diharapkan lebih sukses lagi dan bahkan bisa mendunia. ISE Tahun 2018 akan menampilkan beragam hasil-hasil riset karya anak bangsa dan dari luar negeri. Perhelatan pameran sains ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah penyelenggaraan pada 2015 dan 2017.
 
Bambang Subiyanto, Plt Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengharapkan penyelenggaraan ISE tahun ini bisa menjadi ajang pameran sains berkelas internasional. “Ini berkaca dari penyelenggaraan tahun lalu, sudah ada beberapa peserta dari Jepang. Semoga penyelenggaraan tahun ini peserta asing lebih banyak lagi dan itu artinya ISE akan mendunia,” ungkapnya dalam kegiatan Jumpa Pers dan TalkshowScience, Einstein, dan Kontribusinya kepada Dunia” di Media Center LIPI Jakarta, Rabu (14/3/2018).
 
Tujuan penyelenggaraan ISE adalah untuk menggaungkan hasil-hasil riset agar masyarakat luas semakin memahami akan pentingnya peran riset, teknologi, dan inovasi bagi kehidupan yang lebih baik di masa depan. Salah satu luaran yang diharapkan dari penyelenggaraan ISE adalah meningkatkan kontribusi sains bagi Indonesia dan dunia.
 
“ISE 2018 merupakan salah satu sarana penting untuk membumikan sains dan hasil-hasil riset para peneliti maupun inovator yang ada di negeri ini,” ungkap Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko.
 
Handoko mengatakan, hasil-hasil riset yang tersebarluaskan dan dapat termanfaatkan secara baik kepada masyarakat, berarti mampu berkontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa di tingkat dunia. Selain itu, pemanfaatan hasil riset diharapkan juga bisa dijadikan landasan kebijakan pemerintah. “Sehingga, hasil-hasil riset dapat terimplementasikan secara nyata dan mendapat apresiasi positif dari para stakeholders yang ada,” ujarnya.


 
Sekedar diketahui, ISE sendiri merupakan pameran sains yang menampilkan hasil-hasil riset dari kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga LIPI, serta industri. ISE juga akan melibatkan peserta dari luar negeri untuk menampilkan hasil-hasil risetnya. Selain pameran sains, ISE juga akan diisi dengan beragam kegiatan seperti science movie, science art, science show, games, workshop, talkshow, Pekan Inovasi Teknologi 2018, serta konferensi ilmiah.
 
Dalam penyelenggaraan ISE kali ini, LIPI menggandeng iDM (Media Group) dalam pelaksanaan kegiatannya. Penyelenggaraan ISE diharapkan mampu mempertemukan kalangan peneliti, akademisi, pebisnis, serta pemerintah untuk bersinergi dalam memperkenalkan, membangun kerja sama dan menciptakan produk-produk inovasi di berbagai bidang.
 
Executive Vice President Media Group, Mohammad Mirdal Akib, mengatakan “Kami percaya bahwa ilmu pengetahuan dan inovasi adalah salah satu pilar kemajuan bangsa. Untuk itu, Media Group melalui berbagai platform media yang kami miliki seperti Metro TV, Media Indonesia, Medcom.id dan Metrotvnews.com akan selalu mendukung dunia ilmu pengetahuan.” (pwd/ed: dig)


 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.