Ingin Lihat Bunga Sakura Mekar, Kunjungi Kebun Raya Cibodas LIPI

 
 
Cibodas, Humas LIPI. Tidak harus jauh-jauh datang ke negeri Jepang untuk menikmati keindahan Bunga Sakura. Di Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau kerap disebut Kebun Raya Cibodas, ada Taman Sakura yang tak kalah jauh indah. Bunganya pun mekar dua  kali dalam satu tahun, tepatnya pada Januari-Februari dan Juli-Agustus.
 
Baru-baru ini atau tepatnya awal Agustus lalu, Bunga Sakura kembali mekar di Kebun Raya Cibodas. Bunga ini diperkirakan akan mekar hingga akhir Agustus ini asal kondisi cuaca mendukung alias tidak hujan atau lainnya.
 
Pada Sabtu (5/8) lalu hingga Rabu (9/8), Bunga Sakura tengah dalam masa bermekaran dalam jumlah banyak. Hingga akhir pekan ini, diperkirakan masa bermekaran banyak ini masih terus berlangsung.
 
“Bunga Sakura yang bermekaran bukan di Taman Sakura saja, melainkan pohon koleksi Sakura yang ada di sekitar atau dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, di antaranya di sekitar Rumah Kaca, samping Guest House Sakura, Ecalyptus, sekitar kolam besar, dan di belakang kafe kolam besar,” jelas Agus Suhatman, Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI.
 
Menurut Agus, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati keindahan Bunga Sakura dan mengabadikannya dengan berfoto. Sebab, menikmati keindahan Sakura di Indonesia termasuk langka. “Ini adalah kesempatan langka piknik bersama orang-orang terdekat di bawah pohon Sakura. Silakan luangkan waktu untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas,” ajaknya.



Memasuki periode kedua pada tahun ini, Bunga Sakura kembali mekar dengan ciri khas bunganya yang berwarna pink muda (Prunus cerasoides). Tidak hanya jenis Prunus cerasoides, ada jenis pohon Sakura lainnya yang memiliki ciri khas bunga berwarna pink tua. (BKT Kebun Raya Cibodas,pwd)

 
Sumber foto: Solehuddin (BKT Kebun Raya Cibodas LIPI)


 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Agus Suhatman M.P.