Jabatan Fungsional Fasilitasi Sivitas LIPI untuk Karir Lebih Baik

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menyelenggarakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Aparatur Sipil Negara di lingkungan LIPI. Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Selasa (30/3). Sebanyak 132 sivitas LIPI turut mengucapkan sumpah janji pada pelantikan tersebut.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko turut mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang dilantik sesuai jabatan fungsional tertentu yang diemban. “Atas nama keluarga besar LIPI, saya ingin mengucapkan selamat kepada sivitas LIPI yang telah dilantik. Ini merupakan salah satu upaya kita untuk memfasilitasi sivitas LIPI dalam menyesuaikan dengan pekerjaanya, serta memastikan kedepannya karir sivitas LIPI akan lebih baik melalui jabatan fungsional yang sesuai,” papar Handoko.
Dalam sambutannya, Handoko mengumumkan ada dua jabatan fungsional baru pada tahun lalu dan empat jabatan fungsional baru pada tahun ini yang telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. “Enam jabatan fungsional baru terkait penelitian dimana LIPI menjadi instansi pembinanya, telah disetujui. Jabatan fungsional tersebut diantaraya, analis perkebun rayaan dan teknisi perkebun rayaan yang sudah disetujui tahun lalu. Kemudian pada awal tahun ini telah disetujui empat jabatan fungsional yaitu, analis pemanfaatan iptek, penata penerbitan ilmiah, kurator koleksi hayati, serta analis data ilmiah,” ungkapnya.

Dirinya berharap, petunjuk teknis atau juknis dari empat jabatan yang baru tersebut segera dapat dilansir. “Jika juknis dari jabatan baru tersebut sudah keluar, kita mendorong sivitas LIPI yang belum memiliki jabatan fungsional atau pun yang sudah memiliki jabatan fungsional tetapi merasa belum pas, untuk dapat melakukan alih jabatan. Ada juga metode penyesuaian atau inpassing khusus jabatan fungsional yang baru,” tegas Handoko.

Selain itu, pada saat ini LIPI banyak melansir skema-skema baru tidak hanya program S2 dan S3 by research tetapi masih banyak program yang dibuka bagi semua kelompok penelitian, serta beberapa juga dibuka bagi SDM manajemen iptek. “Supaya sivitas LIPI semakin memiliki fleksibilitas dan memiliki berbagai skema dalam melakukan kerja sama. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kotribusi terhadap masyarakat, tidak hanya melalui hasil penelitian tetapi juga melalui proses dan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari,” jelas Handoko.

“Sehingga kedepan kita harapkan dinamika SDM di LIPI semakin tinggi dan berjaya, serta mobilitas semakin ditingkatkan. Tanpa mobilitas, kreativitas kita akan terhenti dan kita akan kesulitan mendapatkan ide-ide baru yang menjadi modal utama kita dalam melakukan penelitian sebagai tugas dan fungsi utama LIPI,” tambahnya.

Dalam pelantikan tersebut, turut dilantik tiga peneliti ke jenjang jabatan fungsional Peneliti Ahli Utama, diantaranya Wawan Sujarwo dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Amir Hamidy dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, dan Ahmad Sofyan dari Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI. “Secara khusus saya mengucapakn selamat kepada tiga peneliti ahli utama yang baru saja diangkat, saya harapkan bisa segera melakukan Orasi Profesor Riset. Saya percaya Majelis Profesor Riset LIPI memiliki komitmen yang kuat untuk mendorong dan membantu sivitas LIPI untuk segera melakukan orasi. Karena Profesor Riset mungkin hanya gelar, tetapi dalam konteks tertentu memberikan kontribusi dan dampak bagi LIPI,” pungkas Handoko. (sf)
 

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 294