Karya Ilustrator Herbarium Bogoriense LIPI Dipamerkan di Australia

 
 

Cibinong, Humas LIPI. Tiga karya ilustrator botani ilmiah dari Herbarium Bogoriense, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terpilih untuk dipamerkan dalam Margaret Flockton Award Exhibition 2019 yang diselenggarakan oleh The Royal Botanic Garden Sydney, Australia. Adalah Wahyudi Santoso yang mengilustrasikan jenis baru Lasianthus macrobracteatus Rugayah & Sunarti, spec. nov. dan Trichotosia gabriel-asemiana Mambrasar & Schuit, spec. nov yang ditemukan oleh peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI. Serta Anne Kusumawaty mengilustrasikan jenis Psydrax undulatifolius ​ K.M.Wong & Mahyuni, spec. nov.


Margaret Flockton Award merupakan penghargaan seni internasional yang diselenggarkan setiap tahun dan diperuntukkan kepada ilustrator botani ilmiah kontemporer dari seluruh dunia. Karya yang dapat dikompetisikan merupakan karya ilustrasi botani ilmiah hitam putih dan disertai pertelaan taksonomi yang telah dipublikasikan. Tiga karya ilustrasi botani ilmiah dari illustrator Herbarium Bogoriense ini ini dipamerkan bersama 44 karya dari 17 negara yang berpartisipasi.

“Ilustrasi botani berperan penting untuk mendukung pertelaan (daftar keterangan,-red) pertelaan satu jenis yang dipertelakan sehingga mereka tidak memiliki latar belakang taksonomi sekalipun dapat membayangkan bagaimana wujud dari jenis yang dipertelakan,” jelas Plt. Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Joeni Setijo Rahajoe saat dihubungi di Cibinong pada Jum’at, (5/4).

Menurut Joeni, ilustrasi botani harus dibuat akurat sesuai kaidah-kaidah ilmiah. “Terkadang ada beberapa ciri yang tidak dapat tertangkap atau tergambar jelas jika hanya dengan foto,” jelasnya.

Pameran karya-karya ilustrasi botani ilmiah Margaret Flockton Award Exhibition 2019 berlangsung mulai pada 30 Maret-14 April 2019 di Joseph Maiden Theatre, Royal Botanic Garden Sydney; 8 Juni-28 Juli 2019 di The Australian PlantBank at The Australian Botanic Garden Mount Annan; dan 9 Agustus-15 September 2019 di The Blue Mountains Botanic Garden Mount Tomah. (shd/ed: fza) 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Joeni Setijo Rahajoe
Diakses : 958