Kebun Raya Purwodadi LIPI Luncurkan Tiga Layanan Berbasis Pendidikan Lingkungan

 
 
Purwodadi, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Purwodadi meluncurkan tiga layanan berbasis pendidikan lingkungan bagi masyarakat umum. Ketiga layanan yang diluncurkan dalam tahap soft launching ini adalah modul pendidikan lingkungan, reservasi online dan sistem Kendil’s Adventure.
 
Ketiga layanan itu merupakan bagian dari program besar yang bertajuk Good Education Programmes (GE Pro). “Soft launching pelayanan pendidikan lingkungan ini merupakan bagian dari pertanggungjawaban Kebun Raya Purwodadi kepada publik. Oleh karena itu, kami senantiasa melakukan inovasi pada setiap layanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi kepuasan pelanggan,” ungkap R Hendrian, Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI di sela-sela kegiatan peluncuran dan uji coba layanan, Rabu (14/6) lalu, di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.
 
Dikatakannya, layanan Pendidikan Lingkungan merupakan salah satu proses bisnis penting yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi. Layanan ini menyajikan informasi dan interpretasi untuk meningkatkan pengetahuan dan menggugah kesadaran serta kepedulian masyarakat berkenaan dengan keanekaragaman tumbuhan. Selain itu, peluncuran layanan kali ini sejalan dan mendukung target 14 dari The Global Strategy for Plant Conservation (GSPC) dan tercantum dalam dokumen Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan (IBSAP) 2015 – 2020.
 
Titut Yulistyarini, Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI mengimbuhkan, harapan dari peluncuran tiga layanan program pendidikan lingkungan tersebut adalah agar proses layanan lebih memudahkan bagi kebutuhan pelanggan, mendukung kurikulum sekolah, dan mudah pengaplikasiannya. Apalagi jumlah peserta pelayanan pendidikan lingkungan terbilang besar. Pada 2016 lalu, setidaknya 15.000 orang menjadi peserta pendidikan lingkungan di Kebun Raya Purwodadi.
 
Untuk mengenal lebih lanjut tiga layanan yang baru saja diluncurkan tersebut, simak penjelasan singkatnya sebagai berikut:
 
Modul pendidikan lingkungan dan pemanduan
Penyusunan modul dilakukan untuk mengatasi ketidakseragaman materi yang sebelumnya hanya berdasarkan permintaan masing-masing sekolah dan disesuaikan dengan kompetensi fasilitator dan pemandu yang tersedia. “Modul pendidikan lingkungan yang disusun telah disesuaikan dengan standar kompetensi dasar kurikulum sekolah dari SD, SMP hingga SMA, serta disajikan dengan gambar dan keterangan yang menarik dan informatif,” ujar Titut Yulistyarini, yang juga merupakan Ketua Tim GE Pro.
 
Titut mengatakan, telah disusun modul pendidikan lingkungan seri koleksi Palem untuk segmen umum. Dalam program pendidikan lingkungan ini, siswa akan lebih berperan aktif dalam pembelajaran dengan bimbingan oleh fasilitator. “Pada akhir pembelajaran juga terdapat lembar kerja sebagai bahan evaluasi bagi siswa,” ungkapnya.
 
Modul pemanduan ditargetkan untuk segmen pelanggan yang lebih luas, baik siswa sekolah maupun masyarakat umum. Materi pemanduan yang telah disusun dan diujicobakan kali ini, yakni pemanduan buah lokal, dan untuk selanjutnya akan terus dikembangkan ke pemanduan tumbuhan obat dan lainnya.
 
Reservasi online
Selain memberikan pelayanan secara langsung, Kebun Raya Purwodadi juga melayani reservasi pelanggan secara online melalui Layanan Online Terpadu (Lentera) yang dapat diakses melalui website resmi dengan alamat http://krpurwodadi.lipi.go.id/reservasi/ver2/. Seluruh modul pendidikan lingkungan dan pemanduan telah diunggah dalam menu reservasi online pada layanan pendidikan lingkungan, sehingga pelanggan dapat memilih sendiri paket program yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan secara online tanpa harus datang langsung ke kantor Kebun Raya Purwodadi.
 
Sistem Kendil’s Adventure
Sistem ini adalah  inovasi baru sistem pemanduan mandiri berbasis web yang dibangun untuk memberikan alternatif bentuk pemanduan yang lebih menarik dan menantang kepada pengguna terutama pada generasi muda yang sadar teknologi. “Sistem ini mengajak pengguna berkeliling kebun dalam bentuk permainan (game) untuk mencari lokasi dan mengenal koleksi tanaman Kebun Raya Purwodadi melalui smartphone tanpa menggunakan jasa pemandu,” kata Titut.
 
Titut menjelaskan, sistem ini tidak menggunakan aplikasi khusus karena berbasis web. Sistem dapat diakses melalui browser apa saja dengan alamat http://krpurwodadi.lipi.go.id/adventure/. Melalui sistem ini, pengguna akan mendapatkan sebagian informasi tanaman koleksi pada papan interpretasi yang sudah disediakan di lokasi dan dengan memasukkan kode unik yang sesuai, maka pengguna akan memperoleh keseluruhan informasi mengenai tanaman koleksi berupa deskripsi dan video. “Pada soft launching dan ujicoba kali ini game yang telah diselesaikan yaitu “Mengenal jenis palem dan kegunaannya”, ke depannya game akan terus dikembangkan ke seri koleksi tumbuhan yang lain,” tutupnya. (BKT KR Purwodadi/ed: lyr, pwd)

 

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. R. Hendrian M.Sc.