Kembangkan Komoditas Ikan Lokal, Purbalingga Minta Rekomendasi Ilmiah dari LIPI

 
 
Cibinong, Humas LIPI. Kabupaten Purbalingga  mempunyai potensi spesies ikan lokal yang dapat dikembangkan pada bidang pariwisata, perikanan  dan lingkungan. Untuk mendapat gambaran mengenai pengembangan komoditas ikan lokal dari segi ekonomi maupun ekologi, Pemerintah Kabupaten Purbalingga melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Jawa Barat pada Selasa (8/5) lalu. “Kami memiliki potensi ikan uceng sebagai ikan lokal yang dapat dikembangkan secara ekonomi serta menjadi indikator ekologi di perairan darat,”ujar Asisten Administrasi Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi.

Menurut Tri, pihaknya berharap kunjungan ini bisa membuka peluang hubungan kerja sama terkait budidaya perikanan darat. “Sektor ini merupakan hal penting untuk terus dapat dikembangkan dan digali potensinya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Purbalingga,” ungkapnya.

Kepala Pusat Penelitian Limnologi LIPI, Fauzan Ali, menerangkan bahwa perhatian pada pengembangan spesies ikan lokal saat ini masih minim. “Teknologi LIPI diharapkan dapat membantu mengembangkan komoditas ikan lokal pada masing-masing daerah,” jelasnya. Dalam kunjungan tersebut, para peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI mempresentasikan tentang  penelitian yang telah dilakukan dan dapat dialihteknologikan kepada pemerintah daerah yaitu Teknologi Apartemen Udang Galah, Bioflokulasi Budidaya Sidat, dan Budidaya Ikan Multitrofik Terpadu.

Selain mengunjungi Pusat Penelitian Limnologi, rombongan yang berasal dari Dinas Perekonomian, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, serta Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga juga mengunjungi Pusat Penelitian Biologi dan Pusat Inovasi LIPI untuk meninjau hasil-hasil riset LIPI untuk pembangunan pertanian di daerah seperti Jati Platinum, budidaya jamur berbasis limbah industri pertanian, instalasi Pupuk Organik Hayati, dan kultur jaringan pisang. (fin/ed: fza, dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Fauzan A. M.Sc.