Kembangkan Pemanis Rendah Kalori dari Stevia, LIPI Lakukan Kerja Sama dengan Industri

 
 
Bogor, Humas LIPI. Gula rendah kalori dapat menjadi pilihan untuk mengganti pemanis dari gula tebu. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah adalah gula stevia, pemanis alami bebas kalori yang berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana. “Tanaman stevia dapat digunakan sebagai pemanis pengganti gula yang aman untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes, tutur Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Enny. Sudarmonowati di Bogor pada Senin (11/3) lalu.

Untuk mengembangan riset kultur jaringan stevia, LIPI telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT. Tapanuli Investasi Agro untuk pendampingan kultur jaringan tanaman stevia yang sudah di kembangkan di lokasi pabrik PT Tapanuli Investasi Agro di Silangit, Siborong-borong, Sumatera Utara. “Ini adlah a pengakuan sektor swasta terhadap hasil riset LIPI khususnya kultur jaringan tanaman stevia,” jelas Enny.

Presiden Direktur PT. Tapanuli Investasi Agro, Nelson Sihotang menjelaskan kerja sama dengan LIPI nantinya diharapkan bisa meningkatkan kualitas produk stevia. “Kualitas tanaman bisa seragam, selain itu pada gilirannya akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar areal pabrik untuk peningkatan ekonomi,” jelasnya. (win, est, edt, ksm/ed: fza)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 151