Kepala LIPI Sampaikan Basis Filosofi Skema Baru Manajemen Riset

 
 
Jakarta. Humas LIPI. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko menyampaikan apresiasi untuk seluruh pimpinan dan sivitas yang telah merampungkan penilaian kinerja pegawai dan menyusun perencanaan kegiatan 2021.
 
Terkait penilaian kinerja, Handoko mengungkapkan, masih ada beberapa yang tertinggal namun cukup beralasan. “Saya mohon kepala satuan kerja dapat mendiskusikan dengan deputi apabila masih ada yang bermasalah harap segera diperbaiki, dan perlu memperhatikan proses verifikasi terkait capaian kinerja,” tegasnya dalam Forum Komunikasi Pimpinan LIPI, Selasa (23/2).
 
“Interaksi yang ingin dibangun saat ini adalah antar peneliti LIPI dan dengan sivitas akademisi/ calon peneliti dari eksternal,” ujar Handoko. Ia menegaskan, basis filosofi skema baru manajemen riset ini bukan untuk menyediakan pembantu peneliti. “Saya berharap LIPI menjadi hub, ada dinamika dan kreativitas penelitian,” terangnya. “Karena itu kita buka riset asistensi untuk mahasiswa. Kita ingin membentuk kandidat akademisi masa depan. Kita libatkan mereka learning by doing dengan mengikutsertakan riset kita,” papar Handoko. “Syaratnya, mahasiswa aktif yang sedang melakukan tugas akhir dan memiliki topik riset yang sesuai. Apabila mahasiswa tersebut dipandang excellent, bisa diusulkan untuk mendapatkan insentif riset asistensi,” tambahnya
 
“Forum ini terbuka bagi seluruh koordinator sebagai agen perubahan, karena forum ini membahas prosedur kerja Inspektorat, rencana Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Audit Kinerja,” tutur Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas pada saat memberikan pengantar.
 
Nur menambahkan, teknis proses bisnis keuangan dan paparan SPPD online yang disampaikan Inspektorat, diharapkan dapat menjembatani lintas satker terkait perjalanan dinas, aktif 1 Maret 2021. Ia juga mengatakan, sebagai upaya penegakan disiplin PNS terkait kehadiran dan cuti selama pandemi, LIPI sudah membentuk satgas khusus penegakan disiplin PNS.
 
Sebagai informasi, forum komunikasi pimpinan LIPI ini juga di isi oleh pemaparan dari Kepala Satuan Kerja di lingkungan LIPI, antara lain Kepala Inspektorat LIPI yang menyampaikan tentang Audit dan Tujuan Kinerja Penelitian di Lingkungan LIPI, Kepala Biro Umum LIPI yang menyampaikan tentang Operasional Perkantoran Terintegrasi dan Plt. Kepala Pusbindiklat LIPI yang menyampaikan tentang Program Postdoctoral dan Visiting Research Fellow. (drs, dr)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 244