Kerja Sama LIPI dan Kabupaten Merangin untuk Pengarsipan Pengetahuan Lokal dan Pembangunan Kebun Raya Daerah

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyepakati kerja sama Penelitian, Pengembangan Pengkajian dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Pembangunan Kebun Raya dengan Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Kerja sama tersebut disepakati dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. dengan Bupati Merangin, Al Haris pada Kamis (9/1). 

Kerja sama meliputi penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan iptek, pengembangan dan pemanfaatan teknologi ramah lingkungan, pembangunan dan pemanfaatan bersama kawasan Arboretum Rio Alif juga aspek pengarsipan pengetahuan lokal. 

“Kita akan membeli hak cipta karya putera daerah yang sudah dikemas dalam bentuk foto atau video seperti tari-tarian daerah, tumbuhan khas lokal dan objek menarik lainnya yang akan dipublikasikan dalam domain publik,”  jelas Handoko. Handoko menambahkan pengetahuan lokal tersebut nantinya tidak hanya diwariskan turun-temurun namun ada bukti literasinya yang dapat diketahui umum. 

Bupati Meranginm Al Haris berharap produk unggulan daerahnya dapat naik ke level nasional dengan bantuan dan kerjasama dengan LIPI. “Kita sangat menginginkan sekali kerja sama ini. Mudah-mudahan tahun ini sudah terealisasi kerjasama antara Kabupaten Merangin dan LIPI,” harapnya. Dirinya menjelaskan, produk unggulan Kopi Merangin selalu mendapatkan juara dalam setiap event pameran yang diikuti. “Kami berharap LIPI dapat membantu mulai dari teknologi pengolahan hingga teknologi pasca panennya,” tutupnya. (sz/ed: fz)


Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.