Kerja Sama LIPI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk Pengembangan SDM Kelautan

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepakat melakukan kerja sama  penelitian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan pada Selasa (10/9) di Jakarta. Kerja sama ini dilakukan sebagai upaya peningkatan sektor kelautan Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjelaskan, peran lembaga riset seperti LIPI dalam melakukan riset dan peningkatan Sumber Daya Manusia berperan penting terhadap sektor perikanan dan kelautan di tanah air. "Kedepannya kehadiran teknologi akan masuk menggantikan banyak tenaga kerja konvensional. Bangsa kita sudah harus membangun kekuatan kualitas SDM, bukan hanya kuantitas saja," jelas Susi. Dirinya menjelaskan, persaingan kualitas SDM akan menjadi penentu Indonesia dalam memenangkan persaingan global.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan KKP. “LIPI sangat mengapresiasi kerja sama KKP untuk memajukan riset kelautan. Sebagai bentuk dukungan LIPI dalam upaya riset pemanfaatan potensi kelautan yang terintegrasi, LIPI juga turut bergabung dalam konsorsium riset samudera bersama sejumlah kementerian dan lembaga negara, untuk mewujudkan pembangunan ekosistem laut yang berkelanjutan,” jelas Handoko.

Handoko mengatakan dalam dukungan infrastruktur riset kelautan, LIPI juga akan mengembangkan kapal riset nasional yang didedikasikan untuk pemetaan dan penelitian kekayaan dan potensi kelautan Indonesia. “Selain pembangunan kapal riset, hal yang tak kalah penting adalah pembangunan sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing dengan negara-negara lain, khususnya dibidang maritim,” pungkas Handoko. (dnh/ed: fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.