Kerja Sama LIPI dan Kota Tebing Tinggi untuk Angkat Potensi Kuliner Lokal

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. menyepakati kerja sama pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan ptensi produk kuliner lokal. “"Tebing Tinggi memiliki potensi makanan khas yang cukup banyak, namun kami membutuhkan bantuan LIPI agar potensi kuliner Tebing Tinggi dapat dikembangkan secara kualitas maupun ketahanannya tanpa menggunakan pengawet buatan," ujar Walikota Tebing Tinggi, Umar Zubaidi Hasibuan di Jakarta pada Senin (15/7).

Umar menjelaskan, kerja sama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan LIPI diharapkan dapat meningkatkan potensi produk unggulan kota Tebing Tinggi.
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan, kerja sama ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya dalam mendukung pembangunan di Tebing Tinggi. “LIPI siap bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyokong daya saing dan pembangunan daerah sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.”
Kerja Sama LIPI dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi diinisiasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan dengan Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna LIPI.  Program kerjasama yang akan dilakukan diantaranya bimbingan dan pendampingan bidang teknologi tepat guna dalam pengolahan dan pengemasan produk kuliner lokal Tebing Tinggi.

Selain bidang teknologi tepat guna, potensi bidang kerja sama lain yang dapat dikerjasamakan antara lain  peningkatan produksi kualitas dan kuantitas pertanian, penelitian untuk pertambangan, serta penelitan bidang ekonomi, industri, inovasi iptek serta sosial dan kemasyarakatan.(sr/ed: fz)

 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.