LIPI Bangun Kerja Sama dengan Rusia dalam Bidang Ilmu Pengetahuan

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus berkomitmen untuk membangun kerja sama dalam bidang pengetahuan dengan negara lain. Hal ini ditujukan agar kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia terus berkembang dengan menyerap ilmu-ilmu baru dan juga menambah eksistensi ilmu pengetahuan Indonesia ke manca negara.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko pada Rabu (29/5) menerima kunjungan Kedutaan Besar  Federasi Rusia untuk Indonesia. Kunjungan tersebut diwakili oleh Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, H.E Lyudmila Vorobieva dan Atase Kedubes Federasi Rusia.Dmitry Morozenkov.

Dalam kunjungan tersebut Duta Besar Vorobieva dan Handoko membahas mengenai prospek kerja sama dan joint activities antara Rusia dan Indonesia, khususnya Russian Geographical Society dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. "Kunjungan tersebut juga ditujukan untuk mempererat hubungan diplomatik yang telah terjalin selama 70 tahun antara Indonesia dengan Rusia yang perayaannya akan jatuh pada tanggal 3 Februari 2020 mendatang," jelas Duta Besar Vorobieva.

Dirinya menyampaikan,  pihaknya dapat memfasilitasi LIPI untuk menjalin kontak dengan Russian Academy of Science dan Russian Geographical Society. Russian Geographical Society adalah asosiasi keilmuan bidang geografi  tertua di dunia yang berfokus pada area geografi, tradisi, sejarah, dan sains. Selain itu juga dijajaki kegiatan seminar di organisasi ilmiah, pertukaran keynote speaker, mengikuti international summer school di Rusia, ekspedisi ilmiah, serta akses e-library dengan koleksi khusus geografi lebih dari dua juta halaman.

Sementara dari pihak LIPI, LIPI mengajak Rusia untuk melakukan joint exploration dan joint event pada tahun depan. "LIPI juga akan mengirimkan undangan resmi kepada Kedubes Rusia untuk mengirimkan delegasinya pada acara Indonesian Science Expo 2019. Selain itu, LIPI juga menawarkan special arrangement pada event ISE 2020 bagi Rusia untuk memiliki special stage dalam rangka merayakan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Rusia," ujar Handoko. 



Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 345