LIPI Berikan 1.500 Bibit Kelapa Hibrida kepada Warga Desa Plesungan Bojonegoro

 
 
Bojonegoro, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan bantuan 1.500 bibit Kelapa Hibrida kepada warga Desa Plesungan, Bojonegoro, Jawa Timur pada Sabtu (11/2) lalu. Pemberian bibit kelapa ini merupakan bagian dari kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian LIPI di wilayah Bojonegoro. Selain itu, kegiatan diseminasi kali ini juga diisi dengan pelatihan budidaya dan pengembangan pohon kelapa dan pelatihan pembuatan Pupuk Bio Kompos.
 
Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengatakan bahwa kegiatan diseminasi kepada warga Desa Plesungan bertujuan untuk memberikan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dari LIPI kepada warga desa tersebut. “Kehadiran LIPI ke Bojonegoro adalah berkat adanya kerja sama dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha,” ungkap Bambang.
 
Dikatakannya, kegiatan diseminasi yang diisi dengan pemberian bibit Kelapa Hibrida, pelatihan budidaya dan pengembangan pohon kelapa, dan pelatihan pupuk bio kompos kepada warga desa merupakan kegiatan yang langsung bisa dirasakan kehadirannya oleh warga desa setempat. “Kami yakin diseminasi iptek ini ke depan akan sangat bermanfaat bagi warga desa tersebut,” ujar Bambang.
 
Sementara itu, Satya Widya Yudha menyarankan agar warga Desa Plesungan memanfaatkan betul kegiatan diseminasi iptek LIPI tersebut. “Dengan pemanfaatan iptek, saya yakin akan membawa kemajuan pertanian bagi warga di Plesungan,” sambungnya.
 
Djoko Lukito, Asisten I Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang mewakili Bupati Bojonegoro berharap diseminasi iptek ini mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Artinya, segala transfer teknologi yang dilakukan LIPI memberikan manfaat ganda, baik dari segi budidaya tanaman kelapa dan pertanian lainnya serta juga manfaat secara ekonomi untuk masyarakat di Plesungan. (dnh/ed: pwd,isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 1251