LIPI Dorong Pertambahan Jumlah Pemimpin Riset Berkualifikasi Tinggi

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Sejalan dengan visi SDM Unggul, Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko terus memacu pejabat struktural LIPI agar mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin riset yang tangguh dan berkualifikasi tinggi untuk dapat memenuhi tuntutan publik.  
"Saya mengingatkan tugas kita untuk menjadikan LIPI lembaga penelitian yang mengglobal dan memasyarakat," ujar Handoko dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrasi, Pengawas, dan Jabatan Fungsional LIPI, Selasa (10/9).  

Pada acara tersebut dilantik 5 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 5 orang Pejabat Administrator, 3 orang Pejabat Pengawas dan 4 orang Pejabat Fungsional (2 orang Peneliti Utama, 1 orang Peneliti Madya dan 1 orang Peneliti Pertama). 

Handoko menjelaskan, hal inj berarti LIPI diharapkan dapat menjadi lembaga yang mampu merepresentasikan Indonesia di kancah internasional. "Serta mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat luas, berbasis pada aktivitas dan temuan ilmiah yang memenuhi standar dan norma komunitas ilmiah global di era revolusi industru 4.0."

Handoko kembali mengingatkan kepada para sivitas LIPI bahwa SDM adalah kunci kemajuan LIPI. "Saudara-saudara yang saya lantik pada hari ini adalah yang nantinya menjadi tulang punggung dan kemajuan LIPI," ujar Handoko.  Menurutnya sebagai ASN yang berkualitas, sivitas LIPI harus akan mampu melewati dinamika dan tantangan apapun dengan baik. 

Handoko menjelaskan, saat ini LIPI tengah menjalankan misi pembenahan manajemen internal melalui reformasi proses bisnis pendukung penelitian sebagai titik awal, serta mempercepat peningkatan critical mass (SDM, anggaran, infrastruktur fisik) penelitian. "Pembenahan manajemen internal bertujuan untuk mengurangi secara signifikan beban administrasi di peneliti dan aktivitas penelitian, sekaligus memotong rantai birokrasi di semua aspek, serta meningkatkan efisiensi sumber daya LIPI, baik SDM maupun anggaran," tutup Handoko.

Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.