LIPI Ingatkan Sivitas Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Segenap sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober dengan mengikuti upacara pada Senin (2/10) di Lapangan LIPI Pusat Jakarta. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto.
 
Dalam kesempatan tersebut, Bambang mengingatkan segenap sivitas LIPI untuk giat kerja bersama membangun bangsa seperti yang digaungkan Presiden Joko Widodo dengan berlandaskan semangat Pancasila. “Etos kerja bersama harus dimiliki oleh setiap sivitas LIPI, semangat kerja bersama itu harus terwujud dalam pola pikir dan budaya kerja seluruh sivitas untuk menguatkan posisi LIPI sehingga betul-betul mampu berperan memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa,” ujarnya.
 
Bambang juga mengajak seluruh sivitas LIPI untuk memperteguh jiwa Pancasila serta membentengi diri dari hal-hal yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. “Kita belajar banyak dari sejarah, kedepannya mari bersama-sama menangkal radikalisme dan menyemai kebebasan dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya.
 
Menurut Bambang, memerangi radikalisme tidak perlu menggunakan senjata, namun pengetahuan dan pendidikan yang dapat menangkalnya. Sudah selayaknya sebagai lembaga riset nasional dan ilmu pengetahuan, LIPI juga membantu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk secara rasional dan kritis menyikapi perkembangan yang terjadi di masyarakat, imbuhnya.
 
Oleh karena itu, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun haruslah dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan menguatkan Pancasila. “Pancasila merupakan sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Bambang.
 
Pada kesempatan yang sama, Bambang juga mengingatkan agar sivitas giat untuk mengomunikasikan apa yang telah dilakukan oleh para peneliti Indonesia di bidang riset serta apa manfaatnya bagi masyarakat luas. “Terlebih lagi menjelang penyelenggaraan Indonesia Science Expo (ISE), ini merupakan momentum yang tepat untuk memberikan pemahaman dalam menemukan solusi terhadap tantangan ekonomi, sosial dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat global pada saat ini,” pungkasnya. (msa/ed: pwd)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 428