LIPI Kukuhkan Profesor Riset Kemdikbud

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengukuhkan Profesor Riset dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI pada akhir Mei ini di Kantor Kemdikbud Jakarta. Profesor yang dikukuhkan tersebut adalah Prof.  Dr. Iskandar Agung, M.Si., yang menjadi Profesor Riset ke-7 dari Kemdikbud dan ke-471 secara nasional.
 
Pengukuhan profesor riset ini dihadiri oleh Wakil Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr. selaku Sekretaris Majelis Pengukuhan Profesor Riset mewakili Kepala LIPI yang berhalangan hadir. Kemudian, ada pula Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti LIPI, Prof. Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc. serta para Profesor Riset penilai naskah orasi yang terdiri dari Prof. Dr. Yekti Maunati, M.A. (LIPI), Prof. Dr. Muhammad Hisyam, M.A. (LIPI), Prof. Dr. Imam Tholkhah, M.A. (Kementerian Agama), dan empat Profesor pendamping dari Kemdikbud.
 
Dalam orasinya, Iskandar Agung menyampaikan bahwa berdasarkan penelitiannya terdapat korelasi antara rendahnya kompetensi guru dengan pencapaian atau kesuksesan hasil belajar anak didik. “Melihat fakta tersebut sangat diperlukan pembenahan agar guru mampu mengembangkan kompetensi dan meningkatkan profesionalitas bekerja,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Iskandar menegaskan, perlu penambahan komponen penilaian kompetensi guru. Semula hanya empat komponen, yakni mencakup pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian, menjadi tujuh komponen dengan menambahkan kompetensi kepemimpinan, kompetensi komunikasi, serta kompetensi spiritual. “Dari sisi eksternal, untuk peningkatan profesionalitas kerja guru sangat diperlukan peran kepala sekolah, pengawas, adanya kelengkapan perangkat teknologi komputer dan internet, dan peningkatan mutu pendidikan calon guru,” pungkasnya. (szn pusbindiklat peneliti/ed: lyr,pwd)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono M.Sc.