LIPI Miliki Wakil Kepala Baru

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) secara resmi memiliki Wakil Kepala baru pada Selasa (31/1), setelah dilantiknya Bambang Subiyanto untuk menduduki jabatan tersebut. Pelantikan yang berlangsung di Auditorium Utama LIPI Jakarta ini dipimpin langsung oleh Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain.

Dalam sambutannya, Iskandar menegaskan, pelantikan Wakil Kepala baru ini merupakan bagian dari dinamika dan penyegaran kehidupan organisasi. “Dengan penyegaran ini, maka akan menghindarkan dari rutinitas dan stagnasi yang menurunkan kinerja lembaga. Pelantikan ini juga momentum penting untuk mendeklarasikan komitmen bersama dalam merealisasikan program-program LIPI,” kata Iskandar.

Dia mengungkapkan, kehadiran Wakil Kepala yang baru diharapkan menjadi partner strategis bagi Kepala LIPI dalam menjalankan roda organisasi. Artinya, Wakil Kepala tidak hanya secara struktural membawahi tiga satuan kerja, namun diharapkan lebih meningkatkan jaringan kerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan mitra-mitra strategis LIPI. “Ujungnya adalah kelembagaan LIPI semakin kuat dan mampu menjadi focal poin dalam organisasi ilmiah internasional,” jelasnya.

Sementara itu, dia menyinggung pula agar Wakil Kepala juga membantu menyukseskan berbagai acara sebagai penanda 50 tahun kiprah LIPI di dunia iptek pada tahun ini. Dalam usia emas LIPI ini, dirinya juga meminta Wakil Kepala, seluruh kedeputian dan satuan kerja bahu-membahu bekerjasama memberikan kontribusi terbaik atas capaian LIPI untuk masyarakat Indonesia.

Di sisi lainnya, terutama bagi Wakil Kepala terdahulu, Iskandar menyampaikan rasa penghargaan dan terima kasih atas pegabdian kepada lembaga, bangsa dan negara yang selama ini telah dilakukan. “Kepada Pak Akmadi, semoga kiprah dan kinerja Bapak selama ini mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Sedangkan untuk Wakil Kepala baru, Iskandar juga mengucapkan selamat bertugas dan semoga amanah yang diemban mampu dilaksanakan dengan baik. “Kiranya, kami berharap Pak Bambang mampu menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, integritas yang tinggi, serta kejujuran,” sambungnya.
 
Untuk diketahui, Wakil Kepala LIPI yang baru saja dilantik sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Jasa Ilmiah pada periode 2013-2016. Bambang sendiri lahir di Nganjuk, 20 Desember 1958. Pada 1982, dia menamatkan pendidikan Strata Satu di Institut Pertanian Bogor (IPB), kemudian pada 1988 meraih gelar Master bidang pertanian di Universitas Kyoto, Jepang.
 
Lebih lanjut, gelar doktoral diraihnya pada 1991 dalam bidang Wood Science and Technology di universitas yang sama. Bambang meniti karir sebagai peneliti sejak 1992 di Pusat Penelitian Biomaterial serta menjadi Kepala Pusat Penelitian Inovasi pada 2008. (pwd/ed:isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain