LIPI Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2020

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Penghargaan kembali diraih oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pusat Penelitian Ekonomi LIPI terpilih untuk menerima penghargaan bergengsi dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2020 pada Sabtu (19/9).
Apresiasi yang diberikan oleh ICSB ini merupakan bagian dari rangkaian acara "The 8th Jakarta Marketing Week: Seize The Normal Momentum - New, Next, Post" yang diselenggarakan dari 16 hingga 20 September secara virtual.

“Ini merupakan apresiasi terhadap institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah di Wilayah DKI Jakarta, baik sebelum maupun di saat pandemi COVID-19 ini,” terang Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Dr. Agus Eko Nugroho. Ia mengatakan, penghargaan diberikan kepada empat pilar yaitu praktisi bisnis, pemerintah, peneliti dan pembina.

Eko menyebutkan, Pusat Penelitian Ekonomi LIPI menjadi salah satu penerima award dari pilar peneliti karena kajian yang dilakukan terkait UKM, terutama selama masa pandemi COVID-19. “Menurut survei sosial yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ekonomi LIPI pada periode  1 - 20 Mei 2020 di 24 provinsi, ditemukan 94,69 % UMKM mengalami penurunan penjualan, di mana sektor yang terdampak paling besar adalah sektor pengolahan, penyediaan akomodasi, makanan minuman dan perdagangan,” tuturnya.

Eko mengungkapkan, penelitian tersebut diharapkan bisa membantu mendiagnosis ketahanan UMKM dalam menghadapi pandemi dan membantu penyusunan strategi pemulihan yang tepat untuk menyelamatkan UMKM yang terdampak.

Dalam acara yang banyak dihadiri oleh praktisi bisnis ini Jacky Mussry selaku Presiden ICSB Indonesia mengatakan bahwa menyerah bukanlah pilihan. “Kemampuan adaptasi adalah kunci untuk tetap eksis dari waktu ke waktu,” ujarnya. “Karena keunggulan kompetitif berkelanjutan semakin sulit direalisasikan dan ekosistem pemasaran yang semakin horizontal, inklusif dan sosial membuat pendekatan New Wave Marketing semakin relevan,” sambungnya.

Acara ini turut mengundang Brian Marshal Founder dan CEO SIRCLO, Albert Palit Selaku Founder dan CEO Alowalo yang memberikan paparan bagaimana kondisi UMKM dengan era digitalisasi saat ini. ICSB sendiri adalah organisasi non-profit global yang fokus pada pemberdayaan sektor UMKM dengan keanggotaan di 85 negara dan telah berdiri sejak tahun 1955. Indonesia mulai aktif sebagai bagian dari organisasi tersebut sejak tahun 2015 di bawah Inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM bersama Chairman MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya.  Saat ini ICSB Indonesia tercatat memiliki dari berbagai wilayah di Indonesia dengan latar belakang yang beragam, antara lain pemerintah, peneliti, pembina, serta praktisi bisnis. (dr/ed:drs)
 
 


Sivitas Terkait : Dr. Agus Eko Nugroho S.E.M.Appl.Econ.
Diakses : 442