LIPI Raih Penghargaan untuk Keterbukaan Informasi Publik dan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkomitmen untuk menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di semua lini. Komitmen tersebut ditandai dengan keberhasilan LIPI meraih kualifikasi Menuju Informatif dalam Monitoring dan Evaluasi Implementasi Keterbukaan Informasi Badan Publik dari Komisi Informasi Pusat RI.

Piagam Kualifikasi Badan Publik Menuju Informatif diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Gede Narayana kepada Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. Penyerahan disaksikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden pada Senin (5/11) di Jakarta. LIPI mendapatkan penilaian akhir dengan nilai antara 80 sampai 89,9 dari 39 badan publik yang berpartisipasi dalam kategori Lembaga Negara & Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Total badan publik yang dinilai berjumlah 460 badan publik yang terdiri dari Kementerian, Lembaga Negara & Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Perguruan Tinggi, Badan Usaha Milik Negara, dan Partai Politik.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dalam arahannya menegaskan pentingnya keterbukaan informasi dalam negara yang demokratis. “Negara yang demokratis memerlukan keterbukaan informasi sebagai aspek akuntabilitas. Indonesia termasuk negara dengan lembaga pengawas terbanyak namun tetap saja masih ada masalah. Semakin badan publik terbuka informasinya, maka pengawasannya makin mudah,” jelas Wakil Presiden.

Menurut Wakil Presiden, keterbukaan informasi menunjukkan keberpihakan kepada rakyat. “Informasi tidak hanya harus terbuka, namun juga harus benar. Ujungnya adalah partisipasi serta fungsi koreksi masyarakat yang penting bagi badan publik.”

Sebelumnya, LIPI juga menerima dari National Procurement Award dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada 30 Oktober lalu di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat. LIPI menerima penghargaan untuk kategori Komitmen 100% e-Procurement atas keberhasilan memenuhi dan menerapkan 17 standarisasi Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik. Penghargaan diserahkan oleh Kepala LKPP, Agus Prabowo kepada Kepala Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI, Purwoko Adhi. (fza, agm/ed: dig)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 262