LIPI Siap Kerjasamakan Beragam Hasil Penelitian ke Daerah

 
 
Malang, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus berupaya agar setiap hasil penelitiannya terdayagunakan dengan baik bagi para stakeholders dan masyarakat umum, khususnya di daerah. Dari sini, lembaga riset nasional ini pun siap melakukan kerjasama dengan berbagai daerah di Indonesia untuk implementasi hasil-hasil penelitian supaya terasa kebermanfaatannya.
 
Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto menyebutkan, LIPI telah melakukan puluhan kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah (Pemda) di Indonesia. Tilik saja data kerjasama dari Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI menunjukkan dari 2013-2017, jumlah kerjasama LIPI dengan Pemda sudah sebanyak 53.
 
“Kita perlu meningkatkan lagi jalinan kerjasama dengan daerah agar hasil penelitian LIPI berada dimana-mana dan terasa manfaatnya dimana-mana,” kata Bambang dalam berbagai kesempatan saat berlangsungnya Rapat Kerja Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI di Malang, Jawa Timur pada Rabu-Jumat (15-17/3).
 
Dengan hasil penelitian yang bisa dirasakan seluas-luasnya, maka branding LIPI di mata masyarakat umum akan terbentuk dengan sendirinya. “Dan kehadiran LIPI yang tahun ini berusia 50 tahun dapat memberikan dampak yang besar, signifikan, dan nyata bagi daya saing bangsa melalui iptek,” tegasnya.
 
Sementara itu terkait kerjasama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang baru saja Rabu (15/3) malam ditandatangani di sela-sela rapat kerja, Bambang berharap kerjasama tersebut memberikan transfer teknologi dan pengetahuan dari LIPI ke pihak stakeholder di daerah ini. Sehingga, hasil-hasil penelitian LIPI bisa dirasakan manfaatnya secara nyata. “LIPI dan Pemkab Malang pun diharapkan bisa saling mengambil manfaat dari implementasi kerjasama ini,” katanya.
 
Rendra Kresna, Bupati Kabupaten Malang, Jawa Timur menyambut positif kerjasama ini. "Kabupaten Malang memilik wilayah sangat luas dan terdapat beragam potensi. Sehingga sangat memungkinkan bagi LIPI dalam melakukan kajian maupun penelitian," ungkapnya saat menjadi pembicara utama dalam Raker Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI.
 
Dikatakannya, LIPI dapat melakukan penelitian dan pengkajian terkait bidang pertanian, perkebunan, perikanan serta peternakan. "Kami memiliki aneka hortikultura yang tumbuh subur di Kabupaten Malang. Kami harapkan ini bisa dikaji dan diteliti untuk dikembangkan lagi," harapnya.
 
Tingkatkan Branding
 
Di lain hal terkait Rapat Kerja Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Bambang berharap rapat kerja ini memantapkan gerak langkah dalam mendukung program pengembangan iptek guna meningkatkan daya saing nasional dan daerah. Hal tersebut sejalan dengan tema rapat kerja yakni Re-design Program, Branding dan SDM Dalam Rangka Peningkatan Peran LIPI pada Daya Saing Bangsa.
 
Bambang menekankan, peningkatan branding LIPI perlu diupayakan betul dengan sinergi antar satuan kerja LIPI. “Branding LIPI juga akan terbentuk dengan baik dengan hasil kerjasama yang baik pula dengan berbagai Pemda di Indonesia,” pesannya.
 
Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito menyambung bahwa rapat kerja kali ini mengupas berbagai program dan hasil penelitian LIPI yang berkontribusi signifikan bagi masyarakat. Setiap hasil penelitian diupayakan mendorong kesejahteraan masyarakat, tutupnya.
 
Sebagai informasi, rapat kerja kali ini menghadirkan Bupati Malang dan jajarannya sebagai tamu undangan dan narasumber yang memaparkan tentang potensi Kabupaten Malang dan peluang kerjasama antara Pemkab Malang dengan LIPI. Jumlah peserta rapat kerja sekitar 150 orang dari lingkungan LIPI dan stakeholders terkait. (pwd/ed: isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.