LIPI Terpilih sebagai Mitra Peneliti Asing Terbaik dari Kemristekdikti

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia terpilih sebagai Mitra Peneliti Asing Terbaik dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati kepada Pelaksana Tugas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Yan Rianto di Jakarta pada Kamis (5/7). “Kami berharap apresiasi ini dapat mendukung kinerja riset internasional,” jelas Dimyati.

Sebelumnya LIPI menerima penghargaan yang sama pada tahun 2017 lalu. LIPI dinilai mampu menghasilkan output berupa publikasi ilmiah internasional dalam kerjasama riset internasional. Sebagai informasi, berdasarkan data yang dihimpun dari Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI sampai tahun 2017 ada 106 kerja sama internasional yang telah dijalin LIPI dengan berbagai mitra internasional.

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmenLIPI  meningkatkan kolaborasi secara riset secara global sesuai target kerja dari Kepala LIPI,” jelas Yan. Dirinya melanjutkan, pihaknya akan terus meningkatkan program pembinaan peneliti agar semakin berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan secara global. “Kami ingin hasil riset LIPI mengglobal dan memasyarakat.”

Dalam kesempatan yang sama Kemenristekdikti juga memberikan penghargaan kepada peneliti senior Pusat Penelitian Biologi LIPI, Sri Hartini sebagai Penulis Terproduktif untuk kategori Lembaga Penelitian dan Pengembangan Non-Perguruan Tinggi.

Sri Hartini adalah professor riset LIPI yang dikukuhkan pada 16 Agustus 2017 lalu dengan orasi ilmiah berjudul Biosistematika, Geografi, dan Strategi Pemanfaatan Tungau Macrohelidae (Acari: Mesostigmata) di Indonesia. Secara spesifik, Sri menyoroti dalam orasinya terkait hasil penelitian tentang tungau Macrochelidae. (fza) 

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Yan Rianto M.Eng.