Mendikbud Sambut Positif Upaya LIPI dan Kota Malang Perkuat Pendidikan Lingkungan untuk Sekolah

 
 
Malang, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi (KRP) menandatangani piagam kerjasama tentang Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Seremoni penandatanganan dilakukan disela-sela acara Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP dan Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang berlangsung di lapangan Aji Santoso International Football Academy (ASIFA), Sabtu (12/5). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy beserta segenap pejabat lain turut menyaksikan momentum ini.
 
Kerjasama ini direspon positif oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. “Kedua pihak sangat responsif dalam upaya memajukan dan mengembangkan pendidikan yang peduli lingkungan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI“, ujar Muhadjir. Dirinya berharap program ini dapat meningkatkan prestasi dan kompetensi siswa dan gurumelalui kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten di bidangnya.


 
Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi, Titut Yulistyarini, mengungkapkan kerjasama ini telah diinisiasi sejak setahun lalu melalui inovasi pelayanan pendidikan lingkungan bertajuk Good Education Programme (GE Pro). “Kami memiliki program yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran bagi para siswa antara lain Modul Pendidikan Lingkungan untuk siswa SD sampai SMA, Modul Pengenalan Jenis Palem, Modul Pemanduan Buah Lokal, juga Modul Perbanyakan Tanaman,” jelas Titut. Menurut Titut, modul-modul tesebut dibuat sesuai dengan kurikulum sekolah dan disajikan lebih menarik sehingga dapat lebih  mudah dipahami oleh siswa.

Dirinya juga menjelaskan, Kebun Raya Purwodadi memiliki program Kendil’s Adventure yang merupakan salah satu metode pembelajaran pengenalan tumbuhan mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Siswa akan diajak berpetualang di salah satu lokasi di Kebun Raya Purwodadi. Dengan berbekal informasi yang terdapat di gadget, siswa dapat mengenal jenis-jenis palem seperti aren, rotan, siwalan, dan palem ekor ikan.”

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, menuturkan terdapat tujuan mulia atas kerja sama yang telah ditandatangani dengan Kebun Raya Purwodadi. “Kami ingin bersinergi dalam mendidik generasi muda harapan bangsa, menumbuhkembangkan karakter peduli dan cinta lingkungan. Dengan begitu, kelestarian lingkungan akan terus terjaga,” ujarnya.

Menurut Zubaidah, pihaknya  menginginkan para pelajar di kota Malang  menggelar studi  lapangan di Kebun Raya Purwodadi. “Banyak manfaat dari menggelar studi lapangan. Selain meningkatkan pemahaman pembelajaran siswa dengan studi langsung, para siswa juga bisa melakukan penelitian dari bidang sains maupun humaniora.,” tutupnya. (KR Purwodadi/ed: fza, dig) 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Titut Yulistyarini M.P.