Partisipasi dalam Pameran, Langkah LIPI Diseminasikan Hasil Penelitian

 
 
Medan, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus mendorong beragam hasil penelitian terdiseminasikan kepada masyarakat luas. Salah satunya melalui partisipasi dalam pameran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Rabu (17/1/2018) lalu di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sumatera Utara.
 
Dalam pameran tersebut, LIPI mendiseminasikan beragam hasil riset, antara lain nano buble, teknologi pengemasan makanan kaleng, teknologi enzim coklat, teknologi fermentasi hingga berbagai teknologi lainya dalam bentuk poster, produk maupun video hasil riset. Di pameran ini, booth LIPI mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari para peserta Rakernas Kemeristekdikti dari seluruh Indonesia, akademisi dan mahasiswa.
 
Tilik saja, Mita dan Wilman, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang berkunjung ke booth LIPI. Mereka menyampaikan apresiasi positif terhadap pameran Rakernas Kemenristekdikti dan juga hasil riset LIPI. “Melalui pameran ini, kami lebih mengenal hasil riset LIPI dan juga sekaligus menambah pengetahuan kami,” ujar keduanya.
 
Secara khusus, Wilman tertarik dengan teknologi Nano Buble. Buat Wilman, teknologi ini menginspirasi dirinya untuk penelitian dan kegiatan perkuliahannya. Peneliti Nano Buble dari Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI) LIPI pun merespon baik antusiasme mahasiswa tersebut. “Hasil riset nano buble bisa diaplikasikan di bidang media, pertanian hingga keperluan lainnya,” tuturnya.
 
Kendati demikian, Mita dan Wilman juga memberi masukan agar kemasan dan informasi pameran dibuat dalam skala yang lebih besar lagi agar menarik minat pengunjung lebih banyak. Ditambah lagi, mereka berharap agar LIPI bisa menampilkan lebih banyak hasil riset. (ksk/ed: pwd)

 

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dwie Irmawaty Gultom S.I.P., M.Si.