Peringati Hari Kebangkitan Nasional, LIPI Fokuskan Pembinaan Sumber Daya Manusia untuk Hadapi Era Digital

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Momentum Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei tahun ini telah menginjak usia ke-110 tahun. Semangat memajukan diri melalui pergerakan nasional kini ditrasnformasikan melalui konsep perjuangan intelektual untuk menghadapi era digital. “Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengamanatkan pembangunan sumber daya manusia untuk  meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Subiyanto di upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada Senin (21/5) lalu.



Menurut Bambang, sesuai arahan dari Presiden, LIPI berusaha membina sumber daya manusia peneliti dan tenaga pendukungnya agar mampu membawa kemajuan dunia ilmu pengetahuan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai LIPI PASTI yakni Profesional, Adaptive, Scientific Integrity, Team Work, dan Innovative. “Pimpinan dan seluruh jajaran LIPI berkomitmen agar implementasi Reformasi Birokrasi di LIPI yang berfokus di delapan perubahan yakni Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja, Penataan Perundang-undangan, Tata Laksana, Akuntabilitas, SDM,  Pengawasan, dan Layanan Publik, bukan hanya dalam tataran dokumen semata,” ujarnya.
 
Bambang menjelaskan, konsep kebangkitan nasional hari ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri. “Di era Revolusi Industri 4.0, pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,” tuturnya.
 
Dirinya  berharap agar seluruh sivitas LIPI mendukung dan bersemangat dalam melaksanakan program Reformasi Birokrasi. “Momentum Hari Kebangkitan Nasional  harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa, termasuk juga di lingkungan sivitas LIPI. Karena untuk menciptakan LIPI yang maju, berkelas dunia, modern dan menjadi yang dibutuhkan oleh bangsa harus dengan perjuangan dan kerja keras dan dimulai dari diri sendiri,” pungkasnya. (dnh/ed: fza, dig) 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.