Peringkat Lembaga Penelitian versi Webometrics 2018, LIPI Tempati Urutan Pertama di Indonesia

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Cybermetrics Lab yang lebih dikenal sebagai Webometrics kembali merilis peringkat untuk lembaga penelitian di dunia belum lama ini. Dari rilis ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menempati peringkat pertama sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di Indonesia. Selain itu, LIPI juga tercatat sebagai peringkat keempat di Asia Tenggara.
 
Berdasarkan rilis Webometrics pada tahun ini, peringkat LIPI mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017. Pada “World Ranking”, LIPI menduduki peringkat 563 (peringkat 593 di tahun 2017). Lalu di tingkat Asia, lembaga ini berada di peringkat 60 (peringkat 81 di tahun 2017). Sedangkan di Asia Tenggara, LIPI berada di urutan keempat setelah Agency for Science, Technologi and Research Singapura, International Rice Research Institute (IRRI) Filipina, dan Singapore General Hospital Singapura.
 
Untuk diketahui, pemeringkatan Webometrics berdasarkan beberapa kriteria penelitian. Kriteria penilaian yang digunakan sebanyak empat kriteria, yaitu presence (bobot 5%), visibility (bobot 50%), transparency (bobot 10%), dan excellence (bobot 35%).
 
Visibility (Number of different external network) mendapat bobot paling tinggi karena menyatakan kepopuleran situs institusi dilihat pihak lain. Visibility dihitung berdasarkan banyaknya situs luar yang membuat tautan ke situs suatu institusi. LIPI menempati urutan ke-355 dunia dalam kriteria visibility.
 
Presence Size (Number of pages) merupakan jumlah halaman web host dalam web domain utama dari institusi yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian ini dilakukan dengan menghitung setiap halaman web, termasuk semua format yang diakui secara individual oleh Google, termasuk halaman statis dan dinamis. Nilai yang diperoleh LIPI menempati urutan ke-61 dunia dalam kriteria presence size.
 
Transparency (Number of citations) merupakan kapasitas hasil penelitian yang dipublikasikan dalam format rich files, seperti pdf, doc, docx, dan ppt di situs, menurut mesin pencari Google Scholar. LIPI menempati urutan ke-2.239 dunia dalam kriteria tersebut.
 
Excellence (Number of papers) merupakan jumlah hasil penelitian yang memiliki reputasi internasional dan berhasil dipublikasikan di jurnal internasional yang terdaftar di Scimago Institution Ranking. LIPI menempati urutan ke-1.091 dunia dalam kriteria ini.  (BPK LIPI,dnh/ed: pwd)

 

 


 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.