Siapkan Science Entrepreneur, LIPI dan Kabupaten Temanggung Gelar Perkemahan Ilmiah Remaja Regional Jawa Tengah

 
 
Era Revolusi Industri 4.0 menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendorong kemajuan. Perkembangan serta kebutuhan teknologi kini menjadikan pekerjaan di sektor iptek tidak sebatas hanya sebagai peneliti dan akademisi, namun juga sebagai science entrepreneur lewat penciptaan inovasi-inovasi yang berguna dalam menunjang kebutuhan sehari-hari. Sebagai upaya penciptaan science entrepreneur untuk  mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pemerintah Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Jawa Tengah yang diselenggarakan pada Senin hingga Jumat, 8-12 Juli 2019 di Temanggung, Jawa Tengah.
 

Temanggung, 8 Juli 2019. PIR Regional Jawa Tengah merupakan bentuk kerja sama pembinaan ilmiah antara LIPI dan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk pelajar setingkat SMP dan SMA serta guru. “Sebanyak 160 pelajar dan 40 guru dari sekolah-sekolah di seluruh Jawa Tengah akan mendapatkan bimbingan dari peneliti-peneliti LIPI untuk melakukan penelitian dan menyusun karya tulis ilmiah,” ujar Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries. Nur menjelaskan, peserta akan mendapatkan materi pengantar Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian, Penyusunan Proposal Penelitian, Teknik Pengumpulan Data,  Teknik Pengolahan Data, Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah, serta Presentasi Karya Tulis Ilmiah.

Nur menjelaskan, PIR Regional Jawa Tengah akan mengasah  kepekaan generasi muda Jawa Tengah terhadap permasalahan di sekitar serta mencari solusinya melalui pendekatan ilmiah. “PIR Regional Jawa Tengah juga menjadi sarana untuk membangun jejaring untuk berkolaborasi dalam menciptakan inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat,” ujar Nur. Dirinya juga berharap para pelajar Jawa Tengah dapat berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan LIPI seperti Lomba Karya Ilmiah Remaja dan National Young Inventor Award.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengungkapkan PIR Regional Jawa Tengah akan merangsang kepekaan para pelajar Jawa Tengah dalam menerapkan kaidah-kaidah serta etika penelitian,” ujar Heri. Dirinya juga berharap para guru dapat memahami kaidah dasar penelitian sehingga mereka berkompeten dalam membimbing  siswa-siswanya dalam kegiatan penelitian. “Saya berharap semua peserta dapat menyerap semua pemaparan dari para instruktur-instruktur peneliti LIPI,” jelasnya.

Dalam kegiatan PIR Regional Jawa Tengah ini, para peserta akan mendapatkan pembinaan ilmiah secara klasikal di kelas serta pengumpulan data di lapangan. Pengumpulan data lapangan akan dilakukan di Embung Kledung, mata air Umbul Jumprit, kebun kopi robusta Pak Sud, sentra batik Tinular, dan kebun tembakau Srintil. Para peserta akan dimbimbing peneliti-peneliti LIPI dari Pusat Penelitian Biomaterial, Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Penelitian Kimia, Pusat Penelitian Kewilayahan, dan Pusat Penelitian Ekonomi


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 405