Siswa Sulawesi Selatan Dapatkan Pelatihan Penulisan Ilmiah dari LIPI

 
 

Bulukumba, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan pelatihan penulisan ilmiah kepada siswa SMP hingga SMA dan sederajat dalam rangka pelaksanaan Perkemahan Ilmiah Remaja Regional Sulawesi Selatan yang bertempat di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan selama  empat hari sejak Selasa (26/3) hingga Jum’at  (29/3). Kegiatan yang sudah menginjak tahun ke-XIII ini adalah kegiatan rutin tahunan pemerintah kabupaten Bulukumba dan merupakan seleksi peserta perwakilan daerah untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional  (PIRN) di Banyuwangi pada bulan Juni mendatang. 

Para siswa tersebut mendapatkan pelatihan penulisan ilmiah dari peneliti-peneliti LIPI melalui pembelajaran di kelas, pengumpulan data lapangan, penyusunan karya tulis ilmiah, hingga simulasi presentasi karya tulis ilmiah mereka hingga pemilihan kelompok terbaik dari kelas IPA, IPTEK dan IPS.

Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, menyatakan output Perkemahan Ilmiah Remaja Regional Sulsel adalah munculnya generasi muda yang resisten terhadap hoax, informasi yang metodologinya dan sumbernya tidak bertanggungjawab akan tetapi kemudian dipercayai sebagai sebuah kebenaran. “Tujuan akhir dari PIR ini tidak hanya siswa menjadi juara tetapi kemudian meletakkan cara berfikir yang lebih baik dan menjadi problem solver dari masalah-masalah bukan menambah masalah pada dinamika-dinamika sosial di masyarakat.,” tegas Tomy.

Kepala Subbagian Fasilitasi dan Pemasyarakatan IPTEK LIPI, Yutainten mengungkapkan peneliti dapat menjadi terkenal dan yang paling penting bermanfaat dan menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik melalui sains,” ujarnya. Yuta juga mengajak para siswa untuk ikut berpartisipasi di PIRN 2019 mendatang dengan melakukan registrasi di laman www.pirn.lipi.go.id (sl/ed:fza, foto: dr)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Yutainten M. Commun