Siswa dan Guru Banyuwangi Dapatkan Pembinaan Ilmiah dari LIPI

 
 
Banyuwangi, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan pembinaan ilmiah kepada siswa SD hingga SMA dan guru di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur selama lima hari sejak Jumat (22/2) hingga Selasa (26/2). Kegiatan ini merupakan kegiatan pendahuluan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) 2019 yang akan diadakan di Banyuwangi pada bulan Juni mendatang.

Para pelajar dan guru mendapatkan pembinaan ilmiah dari peneliti-peneliti LIPI melalui pembelajaran di kelas, pengumpulan data lapangan, penyusunan karya tulis ilmiah, hingga simulasi presentasi karya tulis ilmiah. Selain itu para peserta juga mendapatkan pelatihan robotik serta pembuatan olahan susu sapi.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, menyatakan terima kaish kepada LIPI yang menjadikan  Banyuwangi sebagai tuan rumah PIRN untuk tahun ini. “Selain itu kegiatan ini juga sangat membantu para siswa dan guru untuk menjadi tuan tumah yang baik saat penyelenggaraan PIRN,” jelasnya. Sementara Kepala Bagian Humas LIPI, Dwie Irmawaty Gultom menjelaskan keikutsertaan siswa SD dalam PIRN adalah sejarah yang ditorehkan Banyuwangi.

Selain pembinaan ilmiah, para guru juga mendapat materi pengenalan konsep belajar di era milenial melalui materi ice breaking, energizing, dan permainan seru dari para instruktur LIPI yang membuat peserta menjadi semangat, terhibur dan tidak bosan. “Hal ini agar materi sains yang diberikan menjadi terasa asyik dan seru karena dikemas dengan konsep edutainment yang disukai para siswa,” jelas Irma. Dirinya juga mengajak para pelajar dan guru untuk ikut berpartisipasi di PIRN 2019 mendatang dengan melakukan registrasi di laman www.pirn.lipi.go.id (sl/ed: fza) 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dwie Irmawaty Gultom S.I.P., M.Si.