Sri Sultan Sambut Baik Usulan Kenaikan Status Satuan Kerja LIPI di Yogyakarta

 
 
Yogyakarta, Humas LIPI. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik rencana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk meningkatkan status satuan kerja Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) yang berlokasi di Playen, Gunungkidul. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan jajaran Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam pada Selasa (9/7) di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

“Keberadaan LIPI di Yogyakarta lewat BPTBA diharapkan dapat mendukung pengembangan teknologi bagi sentra UMKM di wilayah Yogyakarta,” ujar Sri Sultan. Sri Sultan menjelaskan,  Yogyakarta masih membutuhkan dukungan teknologi khususnya bagi UMKM lokal yang murni untuk mendukung meningkatkan branding 'Jogja 100%' yang ada di produk UMKM. “Dukungan teknologi dari LIPI diharapkan bisa memperlancar proses produksi baik pangan maupun kerajinan serta meningkatkan kapasitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh UMKM DIY,” jelas Sri Sultan.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan, peningkatan status ini  akan menjadikan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam yang sebelumnya adalah satuan kerja setingkat eselon 3 menjadi Pusat Penelitian setingkat eselon 2. “LIPI  juga akan mengembangkan klausul kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memperlancar operasional kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh LIPI di wilayah Yogyakarta,” ujar Handoko.

Kepala BPTBA LIPI, Hardi Julendra menerangkan saat ini BPTBA LIPI melakukan penelitian pengembangan produk pangan lokal untuk penanganan kasus stunting yang disesuaikan dengan wilayah setempat. “Produk bahan lokal dijadikan produk olahan yang bernilai tinggi cukup untuk perbaikan status gizi  ibu hamil dan balita,” jelasnya. 
Selain itu bersama Kabupaten Gunungkidul, LIPI mengembangkan Kecamatan Iptek yang berlokasi di Rongkop. “Untuk pembinaan UKM Bu Tjitro merupakan salah satu inkubasi kami yg berhasil menjadi UKM Griya Coklat Nglanggeran yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten  Gunungkidul dan Bank Indonesia (ek/ed: fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Hardi Julendra S.Pt.,M.Sc.
Diakses : 549