Tingkatkan Kompetensi Ilmiah Guru, LIPI Adakan Pembinaan Ilmiah di Kota Makassar

 
 
Makassar, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah bagi Guru SMP, SMA dan sederajat pada Sabtu (2/2) di Makassar, Sulawesi Selatan. Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Diseminasi Kepakaran Iptek LIPI yang terselenggara berkat kerjasama LIPI dengan Komisi VII DPR RI. untuk menanamkan budaya ilmiah di masyarakat. “Para peserta diberikan pengetahuan tentang pemilihan topik, penyusunan latar belakang, perumusan masalah, tujuan, dan output serta penyusunan anggaran,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI, Pramono Nugroho. Dirinya menjelaskan, peserta juga akan menyusun Idea Concept Paper (ICP) dan mempresentasikan ICP tersebut.
 
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Tamsil Linrung mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. “Mudah-mudahan ilmu yang didapat peserta dari pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sebagai guru yang tidak bisa lepas dari penelitian,” ujarnya. Ia berharap kegiatan pelatihan guru ini dapat dilakukan di kota-kota lain di Sulawesi Selatan.
 
Asrijal, guru mata pelajaran Biologi SMP Buq'atun Mubarakah, mengungkapkan banyak manfaat yang  didapatkan terutama tentang penelitian dn mengetahui arti pentingnya riset. “Saya  sangat termotivasi dan terinspirasi untuk menulis karya ilmiah lagi. Terima kasih kepada LIPI yang memiliki perhatian kepada guru guru di Makassar untuk memotivasi dan mengembangkan kemampuannya dalam meneliti,” jelasnya.
 
Sedangkan Sumiati, guru SMA Negeri 17 Makassar yang mengajar Bahasa Indonesia mengatakan kegiatan pelatihan yang diadakan di Makassar ini sangat bermanfaat bagi peserta guru karena  memberikan pemahaman mengenai Metodologi Penelitian. “Terima kasih kami mewakili guru di Makassar untuk LIPI. Sangat bermanfaat sehingga lebih baik apabila dijadikan agenda tahunan,” tutup Sumiati. (bud, rdn/ed: fza) 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Pramono Nugroho M.Eng.Sc.
Diakses : 260