Transfer dan Alih Teknologi ke Masyarakat Jadi Kewajiban Lembaga Penelitian

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Sebagai lembaga penelitian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya memberikan dukungan alih teknologi untuk membantu pemerintah daerah mengangkat keunggulan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat. "Peningkatan daya saing daerah melalui pengembangan produk lokal sangat penting dilakukan untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah. LIPI telah berupaya memberikan dukungan, baik dalam bentuk pelatihan, bimbingan hingga alih teknologi untuk membantu pemerintah daerah," ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. Salah satunya melalui  skema kerja sama sinergis antara pemerintah daerah yang salah satunya dilakukan antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. 

Penandatanganan kerja sama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Majene dilakukan oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan Bupati Majene, Fahmi Massiara pada Selasa, (18/5) di Jakarta.  “Kerja sama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Majene, yang diinisiasi oleh Pusat Penelitian  Teknologi Tepat Guna bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majene," jelas Handoko.

Dirinya menjelaskan, kerja sama ini merupakan upaya LIPI untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan potensi daerah melalui IPTEK, sehingga memacu pertumbuhan di daerah," ujar Handoko.

Bupati Majene, Fahmi Massiara menjelaskan, banyak potensi di Majene namun pihaknya belum mengetahui cara mengelola potensi yang ada. "Kami ingin mengajak masyarakat mengembangkannya agar bernilai ekonomi lebih dan kami rasa LIPI mempunyai kompetensi IPTEK dalam bidang tersebut.” ungkapnya. Dirinya berharap  transfer dan alih teknologi dari LIPI kepada Majene dapat diperluas ke bidang lain untuk meningkatkan nilai potensi daerah. (hm/ed: fza) 
 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 391