CYMBOPOGON NARDUS (L.) RENDL. (POACEAE) SERAI WANGI

 
 

Serai wangi adalah bumbu dapur yang biasa digunakan ibu-ibu bila memasak, juga bisa dimanfaatkan sebagai jamu. Serai wangi merupakan tumbuhan berumpun dengan tinggi sekitar 50 – 100 cm. Serai wangi yang mempunyai nama latin Cymbopogon nardus (L.) Rendl., adalah anggota keluarga rumput-rumputan atao Poaceae. Daunnya tunggal berjumbai yang panjangnya dapat mencapai 1 m. Batangnya yang berwarna putih tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek.

Tanaman yang mempunyai akar serabut ini tidak disukai oleh nyamuk karena serai wangi mengandung geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen alcohol, asam-asam organic juga sitronelal. Sitronelal merupakan zat yang memiliki sifat racun kontak yang mana dapat menyebabkan kematian pada nyamuk oleh karena nyamuk kehilangan cairan tubuh secara terus menerus.

Serai wangi amat mudah untuk diperbanyak yaitu dengan memisahkan stek anakannya dengan cara memecah rumpunnya. Pembuatan ekstrak serai wangi untuk mengusir nyamuk dengan jalan menghaluskan serai kemudian didiamkan semalam, saring kemudian tambahkan air atau aquades masukan dalam alat penyemprot, lalu semprotkan diruangan yang banyak terdapat nyamuk.

Serai wangi selain dapat mengusir nyamuk secara tradisional dapat pula digunakan sebagai campuran air mandi bagi penderita rematik, sebagai obat anti septic, meredakan sakit kepala, obat demam, pencegah muntah, mengatasi gigitan serangga juga dapat melepaskan gigitan lintah.

Sivitas Terkait : Ayi Doni Darussalam

Diakses : 21618