Dua Anggota Komisi VII DPR RI Kunjungi Biovillage LIPI dan Fasilitas Penelitian LIPI di Cibinong

 
 
Kabupaten Bogor, Humas LIPI. Dua orang anggota Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh dan Ivan Doly Gultom, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di kawasan Cibinong Science Center-Botanic Garden (CSC-BG) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu (28/2/2018). Selain melakukan pertemuan dengan jajaran pimpinan dan sivitas LIPI, keduanya juga berkunjung ke kawasan Biovillage dan beberapa fasilitas penelitian di kawasan tersebut.
 
Kunker kali ini bertujuan untuk meninjau hasil penelitian LIPI terkait pertanian dan kehutanan di kawasan CSC-BG. Tema kunker adalah “Pengembangan Bibit Unggulan Tanaman Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan dalam rangka Memperkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor”. Kunker tersebut juga merupakan kelanjutan kegiatan diseminasi hasil penelitian LIPI yang telah dilaksanakan sebelumnya.
 
Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati menuturkan, “Selamat datang di LIPI CSC-BG, kami sekarang lebih lengkap. Dan, kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kemitraan strategis antara LIPI dengan Komisi VII DPR,” saat menyambut kunker Komisi VII DPR RI.
 
Enny menerangkan, CSC-BG merupakan kawasan terpadu untuk wilayah riset dengan luas 198 hektar. Selain merupakan kawasan pusat penelitian LIPI dan pusat inovasi LIPI, juga terdapat Badan Informasi Geospasial (BIG) di dalam kawasan ini.
 
Diharapkannya, kunjungan ini dapat memberikan gambaran tentang LIPI dan fasilitas risetnya. Kemudian, para anggota DPR juga diharapkan dapat menyebarluaskan dan mendekatkan hasil penelitian LIPI ke para pemangku kepentingan terkait dan juga masyarakat luas.
 
Tidak hanya itu saja, kedatangan dua wakil rakyat ini diharapkan pula membawa angin segar bagi anggaran penelitian di LIPI. Sebab, sebuah penelitian memerlukan anggaran yang tidak sedikit agar berjalan maksimal. “Anggaran LIPI saat ini masih sangat kurang untuk penelitian, kami mengharapkan ada dorongan dari DPR untuk menambahnya,” tuturnya.



Anggota Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh, mengakui bahwa pemerintah saat ini memang belum memberi perhatian signifikan kepada anggaran penelitian di LIPI. “Kami harapkan pemerintah bisa memberikan perhatian lebih lagi dan melirik LIPI dengan anggaran yang memadai,” katanya.
 
Hal itu juga diamini oleh Ivan Doly Gultom, anggota Komisi VII DPR RI lainnya. Menurutnya, penelitian bukanlah kegiatan yang hanya menghabiskan dana saja, melainkan merupakan tolak ukur penting bagi pengembangan iptek di tanah air dan pijakan bagi Indonesia untuk menjadi negara maju.
 
Sekedar diketahui, kegiatan kunker Komisi VII DPR RI ini merupakan bagian dari reses masa persidangan III Tahun 2017. Selain mengunjungi Biovillage LIPI, kedua anggota Komisi VII DPR RI itu juga mengunjungi fasilitas penelitian pupuk organik hayati (POH), fasilitas penelitian jamur, dan kawasan penangkaran kupu-kupu yang dimiliki oleh LIPI. (pwd/ed: dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati