Indonesia Negara Mega Biodiversity di dunia

 
 

Jakarta-VOI, News- Perubahan iklim global yang disebabkan terjadinya ketidak seimbangan pengelolaan Keanekaragaman hayati di seluruh Negara di dunia, tidak perlu dikhawatirkan Indonesia karena keanekaragaman hayati yang dimiliki mampu menghadapi efek perubahan iklim dunia.

Indonesia sebagai salah satu Negara Mega Biodiversity di dunia dikaruniai Keanekaragaman hayati serta tingkat endemisme atau tingkat keunikan ekologi, dan organisme dalam struktur geografi yang sangat tinggi yang dapat dijadikan salah satu modal dasar pembangunan yang berkelanjutan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai sebuah institusi penelitian terbesar di Indonesia saat ini sangat serius di dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati tersebut. Kepala Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Nuramaliati Prijono kepada Siaran Luar Negeri RRI Voice Of Indonesia di Bogor Indonesia mengatakan, di dalam menghadapi krisis perubahan iklim global saat ini bangsa Indonesia adalah merupakan bangsa yang paling siap karena memiliki sumber daya hayati yang bervariasi.

" Sehingga kita berharap bahwa dengan lestarinya keanekaragaman hayati dan apabila terjadi perubahan iklim yang cukup tinggi dimasa-masa mendatang sebetulnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang lebih siap karena Indonesia mempunyai sumber daya hayati yang cukup bervariasi dan seharusnya kita harus lebih mampu mengembangkan itu untuk kesejahteraan bangsa. "

Lebih lanjut Siti Nuramaliati Priyono menjelaskan, terkait dengan keanekaragaman hayati atau Biodiversity, pada tahun 2010 ini oleh Sidang Pleno ke-83 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jerman belum lama ini, menetapkan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional untuk Keanekaragaman hayati, dan pada 22 Mei 2010 mendatang Indonesia bersama-sama dengan dunia akan memperingati Hari Keanekaragaman Hayati sedunia.///
Liputan Kadafi/Sugi/VOINEWS.

RRI Voice Of Indonesia, 13 Mei 2010

Sivitas Terkait : Siti Nuramaliati Prijono

Diakses : 26648