Kembangkan Potensi Daerah, Luwu Utara Ingin Terapkan Lebih Banyak Hasil Penelitian LIPI

 
 
Luwu Utara, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan telah menjalin kerja sama yang baik terkait pemanfaatan hasil penelitian LIPI sejak 2017 lalu. Kerja sama ini bertujuan untuk mengangkat potensi daerah guna menaikkan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan pihaknya ke depan ingin menjalin kerja sama lebih erat lagi dengan menerapkan lebih banyak hasil-hasil penelitian LIPI di wilayah yang dipimpinnya. “Kami saat ini mendorong kerja sama dalam pengkajian dan pengembangan teknologi budidaya dan pascapanen,” katanya kepada rekan media seusai kegiatan Peluncuran Majalah Media Litbang Luwu Utara dan Diseminasi LIPI pada Kamis (24/5), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.
 
Indah menyebutkan, kerja sama dengan LIPI telah diawali dengan Pusat Penelitian Politik LIPI terkait kajian Indeks Persepsi Korupsi di Luwu Utara beberapa waktu lalu. “Lalu, yang terbaru adalah kerja sama teknologi pengalengan makanan LIPI untuk mengalengkan produk-produk lokal dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Luwu Utara,” ungkap wanita yang pernah menjadi pembicara dalam kegiatan talkshow di Indonesia Science Expo (ISE) 2017 tersebut.
 
Khusus teknologi pengalengan makanan, dia menuturkan, pra riset telah dilakukan dalam proses pengalengan buah rambutan. “Selain itu, ada produk lain yang tengah dijajaki untuk dikalengkan, yakni kapurung, sambal kidi, selai durian, dan bajabu ikan gabus,” jelasnya.
 
Hendro Subagyo, Plt Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI, yang mewakili Kepala LIPI, menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama yang telah terjalin dengan Luwu Utara. Dia berharap keinginan Bupati Luwu Utara untuk memperbanyak implementasi kerja sama bisa segera terealisasi.
 
Hendro katakan, kehadiran  LIPI di Luwu Utara kali ini membawa potensi hasil-hasil penelitian lain yang berpeluang dikerjasamakan. Utamanya hasil-hasil penelitian dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Pusbang TTG) LIPI. "Selama ini kerja sama LIPI dengan Pemkab Luwu Utara sudah berjalan dengan baik dan ini tentu ingin kita tingkatkan lagi," ujarnya.
 
Kegiatan diseminasi iptek LIPI di Luwu Utara sendiri menghadirkan presentasi potensi hasil-hasil penelitian dari Pusat Penelitian Bioteknologi yang disampaikan oleh Syamsidah Rahmawati. Syamsidah memaparkan beragam hasil penelitian LIPI, khususnya terkait pengembangan komoditas unggul padi, ubi, sayur organik, dan alpukat. Ada pula pemaparan tentang pupuk organik hayati, start up Kakao, dan teknologi kayu jati.
 
Selain itu, ada juga presentasi Cecep Erwan Ardiansyah dari Pusbang TTG LIPI terkait dengan pengembangan teknologi tepat guna. Cecep memaparkan teknologi pengolahan produk lokal makanan dan juga teknologi pascapanen padi dan produk pertanian lainnya. Selain Cecep, ada pula presentasi alur kerja sama LIPI dengan pemerintah daerah yang dipaparkan oleh Winarti Sari Marina dari Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI. (pwd)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Hendro Subagyo M.Eng.