Kembangkan Budaya Ilmiah, LIPI Lakukan Pembinaan Ilmiah untuk Remaja Merauke

 
 
Merauke, Humas LIPI. Sebagai komitmen dalam pembinaan generasi muda, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Merauke menyelenggarakan Perkemahan Ilmiah Remaja Kabupaten Merauke pada Selasa-Jum’at (9-12/10) di Merauke, Papua. “Melalui program-program pembinaan ilmiah di daerah  yang mengadopsi konsep Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional, LIPI berupaya mengembangkanbudaya ilmiah di daerah, ” jelas Yutainten dari Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI. Menurut Yutainten,  kolaborasi LIPI dengan berbagai pemerintah daerah adalah upaya menanamkan kesadaran ilmiah remaja untuk berpikir kritis dan rasional.

Sebanyak 36 siswa dari 9 sekolah terpilih dari ratusan siswa-siswi SMU dan SMK di Kabupaten Merauke untuk mendapatkan pembelajaran mengenai metodologi penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah dari peneliti-peneliti LIPI, Ahmad Helmy Fuady, peneliti Pusat Penelitian Sumber Daya Regional dan Dede Heri Yulianto, peneliti Pusat Penelitian Biomaterial LIPI. “Diharapkan para remaja Merauke dapat mengikuti kegiatan pembinaan ilmiah LIPI berskala nasional lainnya seperti Lomba Karya Ilmiah Remaja Nasional dan National Young Inventors Award,” ujar Yutainten.

Menurut Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Selestinus A.Kahol, kerjasama Merauke dengan LIPI telah terjalin sejak tahun 2015. “Merauke telah bermitra bersama LIPI untuk melakukan kegiatan pengembangan dan pelatihan ilmiah tidak hanya untuk remaja tetapi juga pengembangan kegiatan penelitian dan pengembangan lainnya,” ungkapnya.

Para peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Kabupaten Merauke menyatakan kegiatan pembinaan ilmiah ini memberi manfaat besar. “Saya senang mengikuti kegiatan ini. Semoga pendidikan dan pembelajaran yang diberikan dapat membuat kehidupan saya lebih baik,” ujar Fatar, pelajar SMA Negeri Tanah Miring, Merauke. (yut) 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Yutainten S.Sos, M.Comunn.