Lembaga Penelitian Jerman Kembalikan Koleksi Spesimen Serangga kepada LIPI

 
 
Kabupaten Bogor, Humas LIPI. Lembaga penelitian di Jerman yang berfokus pada riset zoologi, Zoologische Staatssammlung München (ZSM) mengembalikan spesies koleksi serangga yang dipinjam untuk kegiatan penelitian kepada Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Serah terima pengembalian ini berlangsung pada Senin (6/11) di Ruang Konferensi, Gedung Widyasatwaloka, Pusat Penelitian Biologi LIPI.
 
Serah terima koleksi spesimen dilakukan oleh salah satu peneliti Indonesian Biodiversity and Information System (IndoBiosys) yang juga berasal dari Jerman, Michael Balke kepada Rosichon Ubaidillah, Kepala Laboratorium Biosistematika Serangga dan Arthropoda Lain Pusat Penelitian Biologi LIPI.
 
Sementara itu, total jumlah spesimen yang diterima dari pengembalian ZSM adalah 1.900 spesimen yang di kemas dalam 22 box spesimen kering dan 33 botol  spesimen residu. Semua spesimen yang di cek adalah spesimen Hymenoptera dan Coleoptera akan disimpan terlebih dahulu di ruangan dengan suhu -20o C (deep freezing) selama seminggu untuk proses sterilisasi sebelum spesimen disimpan ke dalam ruang koleksi.
 
Untuk diketahui, spesimen yang dipinjam oleh ZSM sendiri adalah dalam rangka kegiatan proyek IndoBiosys dan juga pelatihan mounting spesimen. Sebagai informasi pula bahwa IndoBiosys merupakan kerja sama penelitian keanekaragaman hayati (Kehati) antara Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Pusat Penelitian Biologi LIPI dengan Pemerintah Jerman yang diwakili oleh Museum für Naturkunde (MfN), Berlin, Jerman.
 
Pelaksanaan kegiatan riset IndoBiosys didasarkan pada Memorandum of Understanding (MoU) antara LIPI dengan MfN yang ditandatangani di Berlin pada tanggal 28 November 2012. Sedangkan, pelaksanaan teknis didasarkan pada Leter of Agreement (LoA), antara Pusat Penelitian Biologi LIPI dengan MfN yang ditandatangani pada tanggal 19 November 2015 dan pelaksanaan penelitian ini resmi dilakukan dalam kurun waktu 2015-2018.
 
Tujuan dari kegiatan riset ini adalah untuk percepatan pengungkapan jenis keanekaragaman hayati. Pengungkapan ini melalui integrasi antara metode koleksi, identifikasi (morfologi dan molekular) dan penyimpanan data serta koleksi spesimen dari lokasi yang kaya keanekaragaman hayati (di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Jawa Barat). Selain itu, kegiatan riset IndoBiosys juga untuk membangun sistem database yang bisa segera dimanfaatkan atau diakses untuk kegiatan riset selanjutnya baik oleh peneliti maupun mahasiswa secara nasional dan global. (Pusat Penelitian Biologi/ed: lyr,pwd)

 


 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari Pusat Penelitian Biologi LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Rosichon Ubaidillah M.Phill.