LIPI Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

 
 
Lombok Utara, Humas LIPI. Gempa bumi yang melanda Lombok Utara pada Minggu (5/8) lalu mengakibatkan kerusakan di salah satu satuan kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yakni Balai Bio Industri Laut LIPI yang berada di desa Teluk Kodek, kecamatan Pamenang, kabupaten Lombok Utara. Sebanyak 50 pegawai beserta keluarganya berikut warga sekitar mengungsi di area aman kantor Balai Bio Industri Laut LIPI yang berada di perbukitan saat peringatan dini tsunami dikeluarkan. “Total ada 220 pengungsi termasuk 10 balita dan anak-anak serta satu orang manula,” jelas Kepala Balai Bio Industri Laut LIPI, Hendra Munandar.

Dalam gempa berkekuatan 6,9 skala Richter tersebut, seluruh bangunan kantor dan laboratorium mengalami kerusakan parah. Begitu juga dengan rumah-rumah milik pegawai. “Kantor dan laboratorium seluruhnya rusak, seluruh teripang dan bandeng di kolam pembiakan mati karena kolam pembiakan jebol begitu juga koleksi fitoplankton yang mati karena lampu ultraviolet untuk fotosintesis tidak berfungsi karena aliran listrik padam,” ujar Hendra. Dirinya juga menjelaskan, 80 persen rumah pegawai yang berada di sekitar kawasan Teluk Kodek rusak akibat gempa dan tidak bisa ditempati kembali untuk alasan keamanan.

Pada Selasa (7/8), LIPI mengirimkan bantuan yang berasal dari donasi seluruh sivitas LIPI. Bantuan berupa bahan makanan, tenda, terpal, selimut, dan obat-obatan. Bantuan dikirimkan dari Jakarta dan dikirimkan secara berkala melalui jalur kargo udara sampai hari Minggu (12/8). Selain itu LIPI juga mengirimkan tenaga relawan untuk penanganan trauma pengungsi pascagempa serta tenaga dokter untuk pemeriksaan kesehatan pengungsi.

Plt. Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries mengungkapkan tiga prioritas LIPI untuk penanganan pascagempa. “Selain perbaikan infrastruktur agar aktivitas riset dan administrasi perkantoran kembali berjalan, LIPI juga mengutamakan pemulihan trauma pegawai dan anggota keluarganya serta rehabilitasi rumah pegawai yang rusak karena gempa,” tutup Nur (fza)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.