LIPI dan UI Sepakati Kerjasama Penelitian dan Pembinaan SDM

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Universitas Indonesia (UI) sepakat menjalin kerjasama dalam bidang penelitian dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Kesepakatan ini tertuang dalam Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak yang ditandatangani oleh Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain dan Rektor UI, Muhammad Anis.
 
Selain Nota Kesepahaman, ada pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kedeputian Bidang llmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI dan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UI, serta PKS antara Kedeputian Bidang IPT LIPI dan Fakultas Teknik UI. Penandatanganan Nota Kesepahaman dan PKS ini dilakukan di LIPI Pusat Jakarta belum lama ini.
           
Kepala LIPI mengatakan, kerjasama antara LIPI dan UI ini atas inisiasi Pusat Penelitian Infomatika di bawah Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) dan Fakultas MIPA UI. Tujuan kerjasama ini adalah meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di antara kedua pihak, melakukan penelitian bersama, dan pemanfaatan iptek bagi pengabdian masyarakat.
 
Iskandar berharap kerja sama ini bisa dimanfaatkan para peneliti LIPI untuk melanjutkan studi di UI dengan berbasis riset. “UI merupakan universitas yang menawarkan program studi S2 dan S3 yang salah satunya berbasis full time research,” ujar Iskandar.
           
Rektor UI mengharapkan pula implementasi kerjasama ini bisa berjalan denganbaik. Kerja sama tersebut diharapkan juga memberikan research assistance bagi mahasiswa UI yang menyelesaikan tugas akhir atau studinya dari pihak LIPI. “Pihak UI juga mengharapkan kerja sama ini akan dapat meningkatkan sitasi institusi dan publikasi lainnya,” tutup Anis.
 
Untuk diketahui bahwa kerja sama antara LIPI dan UI sebenarnya telah dimulai sejak 22 Mei 2003 dan berakhir 21 Mei 2008 dan diperpanjang hingga 21 Mei 2013. Kerja sama yang telah dilakukan antara LIPI dengan UI berfokus pada pembinaan SDM, yaitu pemagangan mahasiswa, pembibingan mahasiswa tugas akhir, dan penggunaan sarana laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI. (dnh/ed: pwd)

 

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain
Diakses : 1207