LIPI Dorong Inovasi Berbasis Riset Jadi Strategi Utama Industri

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berusaha mendorong kalangan industri nasional menjadikan inovasi berbasis riset sebagai bagian utama strategi bisnis. Salah satu usahanya dengan memberikan apresiasi penghargaan LIPI Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award) bagi para pelaku industri yang sukses menjalankan inovasi berbasis riset tersebut.
 
LIPI SBII Award merupakan ajang dua tahunan untuk mendorong peningkatan daya saing industri nasional dalam meningkatkan kemampuan inovasi lewat riset. Penghargaan ini diberikan karena peran inovasi dan riset adalah dua hal penting yang perlu dilakukan di era sekarang bila ingin memenangkan persaingan.
 
Saat ini, LIPI tengah menjaring industri lokal dan mancanegara yang berbasis di Indonesia yang memiliki unit Litbang dan secara intensif melakukan penelitian dasar dan terapan pada kegiatan industrinya. “Nantinya, industri yang terjaring akan dipilih yang terbaik untuk mendapat penghargaan karena berhasil melakukan inovasi menggunakan sains di bisnisnya,” kata Bambang Subiyanto, Wakil Kepala LIPI di sela-sela kegiatan Kick off LIPI SBII Award pada Rabu (12/4) lalu di LIPI Pusat Jakarta.
 
Bambang katakan, pemberian penghargaan ini pada dasarnya adalah bentuk rasa tanggung jawab LIPI untuk memberikan motivasi dan semangat pada industri agar berani berinovasi pada teknologi industrinya. Ujung pangkalnya adalah geliat pengembangan inovasi dan riset terasa manfaatnya bagi industri dan masyarakat.
 
Trina Fizzanty, Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (Pappiptek) LIPI menjelaskan, penghargaan LIPI SBII Award memiliki dua kategori. Pertama, kategori life science based yang meliputi perusahaan dari sektor farmasi, bioteknologi, biologi, kosmetika, agro industri dan lainnya. Sedangkan, kedua adalah kategori physical science based  meliputi perusahaan yang bergerak dibidang kimia, mikroelektronika, elektronika, energi, telekomunikasi, transportasi, mesin, besi, baja, dan peralatan.
 
Penyelenggaraan LIPI SBII Award Tahun 2017 merupakan penyelenggaraan ketiga sejak pertama kali dilaksanakan pada 2013. Penganugerahan penghargaan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ini. (lyr/ed: pwd)
 

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Trina Fizzanty