LIPI Gelar Pelatihan Nutritionist untuk Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Prodi Peternakan

 
 
Gunung Kidul, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) menggelar Pelatihan Nutritionist bagi puluhan mahasiswa program studi (Prodi) peternakan Universitas Mercu Buana (UMB) Yogyakarta pada tanggal 8-10 Januari 2018 di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pelatihan ini diadakan guna meningkatkan kompetensi para calon lulusan sarjana peternakan agar mampu memberikan pemenuhan kecukupan nutrisi ternak untuk meningkatkan kualitas peternakan di Indonesia.
 
Hardi Julendra, Kepala BPTBA LIPI Yogyakarta mengungkapkan, pemenuhan nutrisi ternak memiliki imbas terhadap kualitas peternakan. Salah satunya ditentukan oleh kualitas bahan baku pakan. Aspek penentu lainnya adalah kontinuitas bahan baku pakan tersebut. “Tak kalah penting lainnya, peningkatan usaha peternakan juga ditentukan dari peningkatan sumber daya manusia (SDM),” katanya di sela-sela pelatihan pada Senin (8/1/2018).
 
Lewat pelatihan kali ini, dia mengatakan, pihaknya ingin menanamkan dan meningkatkan semua kompetensi bahan baku pangan dan SDM peternakan tersebut bagi para mahasiswa yang menjadi peserta. Pelatihan sendiri sudah rutin digelar sejak 2011. Pada tahun ini, penyelenggaraan pelatihan untuk yang keenam kalinya.
 
Dijelaskannya, hasil positif yang telah ditunjukkan dari pelatihan ini adalah selain peningkatan wawasan dan kompetensi bidang nutrisi, juga diharapkan dapat meningkatkan jejaring antar pemangku kepentingan di sektor peternakan. Pelatihan diisi oleh para narasumber yang mumpuni dibidangnya, yang juga merupakan peneliti BPTBA LIPI. ([ashof] BPTBA LIPI/ed: lyr,pwd)

 

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari BPTBA LIPI Yogyakarta

Sivitas Terkait : Hardi Julendra S.Pt.,M.Sc.