LIPI Siap Bantu Daerah untuk Aplikasikan Penggunaan Teknologi Tepat Guna

 
 
Subang, Humas LIPI. Pembangunan perekonomian di daerah memerlukan beragam aspek untuk mendorongnya. Salah satunya adalah aspek aplikasi penggunaan teknologi tepat guna.
 
Dalam hal ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Pusbang TTG) mendorong daerah-daerah untuk menggunakan hasil penelitian dari pengembangan teknologi tepat guna. LIPI pun siap membantu daerah untuk mengaplikasikan teknologi tersebut.
 
“LIPI memiliki sejumlah hasil penelitian teknologi tepat guna yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat untuk memberikan nilai tambah produk,” ungkap Pramono Nugroho, Kepala Pusbang TTG LIPI saat menerima kunjungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara di Subang, Jawa Barat belum lama ini.
 
Pramono menjelaskan, untuk pemanfaatannya bisa melalui mekanisme kerja sama. “Contohnya adalah kami sepakat melakukan penjajakan kerja sama antara Pusbang TTG LIPI dengan Bappeda Kabupaten Deli Serdang untuk teknologi prosesing buah dan pengemasan produk,” ungkapnya.
 
Dijelaskannya, penggunaan teknologi tepat guna khususnya yang terkait pengemasan produk lokal bermanfaat untuk menjaga kualitas makanan, sekaligus juga dapat menambah nilai ekonomi produk. “Bila menggunakan teknologi pengemasan yang baik, produk menjadi tahan lama dan waktu penyimpanan bisa lebih maksimal,” tuturnya.
 
Di sisi lain, dia melanjutkan bahwa LIPI dapat membantu untuk perbaikan kemasan produk. “Selain itu, kami juga siap membantu untuk merumuskan strategi pemasaran produk agar bisa bersaing di pasaran,” tambahnya.
 
Sementara itu, Arifin Faisal Tarigan, perwakilan Bappeda Kabupaten Deli Serdang berharap ke depannya kerja sama LIPI dengan Bappeda Kabupaten Deli Serdang dapat terwujud dengan baik. “Kerjasama ini diharapkan bisa membantu masyarakat kami untuk mengolah produk lokal dengan benar sehingga bisa memaksimalkan pendapatan daerah melalui teknologi hasil riset LIPI,” pungkasnya. (swi/ed: lyr,pwd,dig)



 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Pramono Nugroho M.Eng.Sc.