LIPI Terima Penghargaan Pemrakarsa Proyek SBSN Tahun 2018 dari Kementerian Keuangan

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Kementerian Keuangan mengalokasikan pembiayaan proyek dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada tahun 2018 mencapai Rp. 22,53 triliun. Kebijakan tersebut dirasakan langsung manfaatnya oleh Kementerian/Lembaga yang memang banyak memerlukan pembiayaan dalam pembangunan proyek infrastruktur. “Salah satunya adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang menerima penghargaan pemrakarsa proyek SBSN Tahun 2018 dengan capaian kinerja terbaik, penghargaan tersebut diberikan khususnya kepada Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI”, jelas Menteri Keuangan, Sri Mulyani di Jakarta pada Jumat (21/12) lalu.

Skema pendanaan SBSN dilakukan untuk pembangunan fasilitas Laboratorium BSL-3 dan Clean Room yang diresmikan pada 14 Desember lalu. Menempati gedung satu lantai seluas 754 meter persegi dengan empat laboratorium dan satu ruang utilitas. Fasilitas riset LIPI ini dilengkapi HVAC (High Ventilation Air Condition), peralatan riset yang terkini, dan telah mendapatkan sertifikat internasional Sistem Manajemen Biorisiko satu-satunya di Indonesia. Pembangunan dimulai sejak Februari 2018 dan selesai November 2018.

Untuk tahun depan, alokasi pembiayaan proyek SBSN 2019 akan ditujukan bagi tujuh kementerian dan lembaga yaitu, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Kementerian Ristekdikti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Menurut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, pihaknya merasakan sangat terbantu dengan adanya SBSN tersebut. “Pembiayaan via SBSN digunakan untuk membangun maupun merevitalisasi gedung universitas,” ujar Nasir. Dirinya menjelaskan, setelah diperhatikan sangat luar biasa dampak positifnya. "Saya ingin mendorong semua gedung perguruan tinggi yang mangkrak bisa selesai. Kalau bisa pakai SBSN 50-100%,” jelas Nasir.

Selain penyerahan award, yaitu peresmian secara simbolis proyek-proyek SBSN Tahun 2018, kickoff program pembiayaan proyek SBSN 2019 dan Launching “e-Monev Proyek SBSN”, yang disaksikan seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga. (dnh/ed:fza)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 247